Rabu, 22 Maret 2017

Kimchi Mudah BonCabe




Bismillah...

Dulu banget pernah karena penasaran, mencoba bikin kimchi yang resepnya mengikuti aslinya cara orang korea bikin kimchi. Bikinnya agak ribed menurut saya...dan harus menunggu beberapa lama waktu untuk menikmatinya.

Begitu saatnya boleh disajikan, eh...nyatanya tidak sesuai ekspektasi saya, saya kirain rasanya mirip2 asinan gitu ya...asin asem manis dan pedas segar. Ternyata laiin...agak2 gimana gitu rasa dan aromanya, maklum lidah jawa banget...rasa kimchi yang aneh bin ajaib. Ya gitulah...pokoknya tidak sesuai dengan rasa yang saya bayangkan. Susah banget mau mengungkapkan dengan kata2...karena bukan tidak enak sih, mungkin karena hanya belum terbiasa mencicip kimchi.

Tapi ya sudah...yang penting sudah terbayar rasa ingin tahu dan penasarannya kimchi...

Beberapa hari yang lalu...tiba2 saya berpikiran aneh, pingin coba bikin kimchi lagi. Tapi maunya bikin yang sesuai selera lidah saya dan cara bikin yang mudah...gimana ya kalau pake bubuk cabe tabur boncabe aja, kan boncabe itu sudah pedas berbumbu...jadi lebih mudah dan praktis untuk diaplikasikan.

Alhamdulillah... Setelah jadi, rasa kimchi boncabe ini sedap sekali, aroma dan rasanya sesuai yang saya inginkan. Memang tidak seperti kimchi asli korea yaa...namun bagi saya ini resep kimchi (kw 3) yang sangat enak dan bikinnya pun mudah tidak pake lama.

Saya tulis yaa...resepnya kimchi ala saya, mudah2an memberi manfaat bagi yang ingin mencoba bikin kimchi praktis dan enak.

KIMCHI MUDAH BonCabe
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan A:
1 buah sawi putih size sedang potong kasar2, taburi 2 sdm garam, remas2 lalu diamkan 15 menit. Cuci bersih dengan air mengalir.
1 buah wortel size kecil potong spt korek api, taburi 1 sdt garam, remas2 lalu diamkan 15 menit. Cuci bersih dengan air mengalir.
1 batang daun bawang potong serong.
1 buah bawang bombay size sedang. potong tipis
100 ml air putih

Bahan B:
100 ml air putih
1 sdm gula pasir (sesuai selera)
2-3 sdm bubuk cabe tabur BonCabe (sesuai selera level pedasnya)

Cara Membuat:
1. Campur jadi satu Bahan A, aduk rata.
2. Masukkan Bahan B ke dalam campuran Bahan A, aduk2 hingga tercampur rata. Koreksi rasanya...kalo belum pas rasanya, bisa ditambah bumbu sesuai selera.
4. Simpan di dalam kulkas minimal 3 jam, siap disajikan.

Selamat Mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar