Selasa, 29 Mei 2012

Cilok Isi Sosis



Kembali berkutat di resep percilokan, dari resep yang lama saya mencoba eksperimen lagi. Terinspirasi dari  kue tradisional klepon yang berbahan tepung ketan, maka kali ini saya mencoba merubah resep lama saya dengan penambahan tepung ketan putih. Dan memang hasil ciloknya lebih lembut dan tetap kenyal...lebih maknyuss deeh...

CILOK ISI SOSIS
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Cilok:
200 gr tepung tapioka
150 gr tepung terigu
50 gr tepung ketan
400 ml air mendidih
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1 siung bawang putih haluskan
1 batang daun bawang cincang halus
beberapa buah sosis

Bahan Sambel Kacang:
250 gr kacang tanah di goreng dan haluskan dengan blender
5 siung bawang putih haluskan
5 buah cabe merah besar haluskan
2 lembar daun salam
1 sdt garam
50 gr gula merah
2 sdm gula pasir
5 mata asam jawa rendam dengan 4 sdm air panas dan saring
500 ml air putih
3 sdm minyak goreng untuk menumis bumbu halus

Cara Membuat:
1. CILOK: campur menjadi satu tepung terigu, tepung ketan putih, bawang putih, daun bawang, gula pasir dan garam dalam suatu wadah, tuangkan air panas. Aduk dengan sendok kayu hingga adonan tercampur rata dan kalis, tuangkan tepung tapioka sedikit demi sedikit hingga habis. Aduk hingga rata, jika adonan sudah tidak lengket ditangan juga tidak keras saat ditekan berarti adonan cilok sudah pas takarannya. Jika dirasa adonan masih keras boleh ditambah sedkit air panas.
2. Ambil adonan dan pipihkan, isi dengan sosis..bentuk bulat memanjang sesuai ukuran sosis. Lakukan hingga adonan habis dipulung, kemudian rebus di air yang mendidih. Tunggu hingga cilok mengapung dan biarkan agak lama beberapa saat, agar cilok benar-benar mateng bagian dalamnya. Lalu angkat dengan saringan dan tiriskan. Atau silakan dibuat cilok bulat...lalu diisi potongan sosis...terserah selera anda saja.
3. Bumbu Sambel Kacang: tumis bawang putih dan cabe merah dengan minyak goreng hingga matang, masukkan air putih..aduk-aduk hingga mendidih.
4. Masukkan kacang tanah yang sudah diblender agak halus, beri garam, gula merah, gula pasir, daun salam dan air asam. Aduk-aduk hingga tercampur rata dan mendidih kembali, pertanda matang jika sambel kacang sudah keluar minyaknya kemerahan. Segera angkat dan matikan api kompor.
5. Penyajian: Goreng cilok sosis dengan minyak goreng yang cukup panas. Potong-potong...lalu tusuk-tusuk dengan lidi sate. Tuangkan sambel kacang, tambahkan kecap manis dan sambel botol jika suka lebih terasa pedas dan manis. Hidangkan... :)

Senin, 28 Mei 2012

Coto Makasar



Soto khas asli dari Makasar disebut Coto Makasar...ini salah satu menu keseharian di keluarga saya, karena memang semua dirumah menyukai masakan yang berjudul soto. Salah satu diantaranya ya Coto Makasar. Yang khas dari bumbunya soto ini adalah dengan menambahkan kacang tanah goreng yg dihaluskan dan tauco, sehingga rasa dan aroma kuahnya sangat beda sekali...dari soto-soto nusantara lainnya.

Dibawah ini resep Coto Makasar ala dapur saya, maaf ya...bila tidak terlalu sama dengan yang asli Makasar. Yang penting rasanya enak dan keluarga saya suka... :)

COTO MAKASAR
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
2 liter air
750 gr daging sandung lamur
1 sdm garam (secukupnya)
1/2 sdm gula halus
3 lembar daun jeruk buang tulang daunnya
2 batang serai memarkan
3 ruas jahe digeprek
5 sdm minyak goreng

Bumbu Halus:
7 butir bawang merah
7 siung bawang putih
100 gr kacang tanah goreng
1 sdm tauco
1 sdm ketumbar sangrai
1 sdt jintan sangrai
2 sdt lada/merica

Pelengkap:
100 gr soun diseduh air panas, tiriskan
Daun kol iris tipis
Bawang merah goreng
Daun seledri cincang
Daun Bawang cincang
irisan jeruk nipis
Sambel cabai rawit

Cara Membuat:
1. Rebus daging sapi, didihkan. Bersihkan buih yang muncul dipermukaan. Kecilkan api, teruskan merebus hingga daging empuk. Angkat daging dan potong dadu ukuran 2 cm. Masukkan kembali kedalam air rebusan, masukkan pula daun jeruk, daun serai dan jahe.
2. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus sampai harum dan matang. Angkat dan tuangkan kedalam rebusan daging. Teruskan memasak hingga daging empuk dan bumbu meresap.
3. Penyajian: atur soun dan kol dalam mangkok, tambahkan daging siram dengan kuah soto. Taburi daun seledri, daun bawang dan bawang merah goreng. Jangan lupa bubuhi air jeruk nipis dan sambel cabai rawit. Sajikan dalam keadaan panas-panas bersama sepiring nasi hangat.

Jumat, 25 Mei 2012

Martabak Manis




Martabak manis lagiii...martabak manis lagi nih, habisnya emang pada suka banget sama kue terang bulan ini. Bikinnya gak susah dan cepet nguplek-ngupleknya...dan rasanya maknyuuss, hayuuk...coba resep andalan saya ini, InsaAllah berhasil sukses deeh.. :)

MARTABAK MANIS
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:

Bahan A:
250 gr tepung terigu
50 gr gula pasir
1 sdt baking powder (saya suka pakai BPDA*)
1/2 sdt vanili bubuk
1/4 sdt garam halus

Bahan B:
1 butir telur kocok lepas
380 ml air putih 
===> Campur jadi satu, aduk hingga rata

Bahan C:
1 sdt soda kue
1 sdm air putih
===> Campur jadi satu, aduk hingga soda kue larut dlm air*

Bahan olesan dan topping:
Margarin/butter
Susu kental manis
Keju cheddar parut
Messes dll...

*BPDA= Baking Powder Double Acting, mempunyai kemampuan mengembangkan adonan lebih baik dari pada baking powder biasa.




*Jika ingin tekstur kue martabak manis lebih kenyal kalau digigit namun tetap lembut, boleh tambahkan 1/2 - 1 sdm tepung tapioka/kanji. Tapi kalau tidak suka tekstur seperti itu..ya gak perlu ditambah tepung tapioka. Ini hanya tips dari saya aja...berdasar pengalaman selama nguplek-nguplek adonan martabak manis.

Di bawah ini foto step by step dalam memanggang martabak manis hingga matang dengan wajan teflon:




Cara Membuat:
1. Campur semua bahan kering (bahan A): tepung terigu, baking powder (BPDA), gula pasir, vanili bubuk dan garam kedalam mangkok besar. Tuangi air+telur (bahan B) sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan wisk hingga rata tidak bergerindil dan licin, jika masih ada bergerindil karena tepung belum larut boleh disaring.
2. Istirahatkan adonan martabak manis untuk kurang lebih 1 jam.
3. Sesaat sebelum dipanggang dalam cetakan...campurkan larutan dari bahan C ke adonan martabak manis, aduk sampai tercampur rata.
*Penambahan bahan C ini bertujuan membentuk tekstur martabak manis yang bersarang bagus.
4. Panaskan cetakan martabak manis, kurang lebih 20 menit sebelum untuk memanggang dengan api kecil. Dalam membuat martabak manis ini saya pakai pan dadar non stick/teflon. Setelah cetakan panas tuang adonan martabak manis...tunggu sampai keluar lubang pori-pori, taburi gula pasir dan tutup dengan penutup cetakan. Bila sudah matang angkat.
7. Olesi permukaan martabak manis dengan margarin, juga bagian dalamnya...lalu tuangkan susu kental manis, taburi keju cheddar, atau messes..lipat ke dalam menjadi setengah lingkaran. Potong potong..lalu disajikan hangat.

Selasa, 22 Mei 2012

Urap Daun Singkong dan Pepaya



Ini menu kesukaan saya, urap daun pepaya dan daun singkong. Daun singkong dan daun pepayanya selalu ada dan ready stock di dalam freezer. Daun-daunan ini sengaja saya bawa dari Indonesia kalau pas mudik, jadi dibawa sudah dalam keadaan direbus (matang) lalu dibekukan, dikemas diplastik/box kedap udara...dibawa deh mabur ke Kuwait. Sampai disini masih dalam keadaan dingin...langsung masuk ke freezer lagi, aman deh.

Resep bumbu urapnya sederhana saja, saya juga bawa kelapa parut muda dari Indonesia. Prosesnya juga hampir sama dengan daun-daunan diatas. Kelapa parut musti dikukus dulu...setelah dingin, dibekukan...terus dikemas. Untuk membuat bumbu urap saya mengikuti resep dari almarhumah ibu...menurut saya emang cukup mudah dan rasanya pas dan enak sekali.



Bumbu Urap Kelapa ala Ibu Saya:
Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 buah kelapa setengah tua diparut memanjang
10 lembar daun jeruk sobek kecil dan buang tulang daunnya
1 sdm garam (secukupnya)
2 sdm gula merah disisir
3 sdm gula pasir (secukupnya, tergantung suka manis atau tidak)

Bumbu Halus:
10 butir bawang putih
7 butir cabe merah besar
5 ruas jari kencur
5 lembar daun jeruk iris kasar dan buang tulang daunnya

Cara Membuat:
1. Campurkan bumbu halus kedalam kelapa parut, tambahkan daun jeruk, garam, gula merah dan gula pasir. Aduk-aduk hingga rata dan cicipi sudah sesuai belum dengan selera.
2. Kukus kelapa parut selama kurang lebih setengah jam. Dinginkan...lalu campurkan pada sayur-sayuran yang akan dijadikan sebagai bahan urap.
3. Bisa disimpan dalam freezer sebagai stok bumbu urap sewaktu-waktu tinggal dikeluarkan, dikukus kembali.

Rabu, 09 Mei 2012

Ayam Goreng Serundeng Kelapa



Ayam goreng yang berserundeng ini sangat enak dan gurih, anak-anak dirumah suka banget makan nasi hangat  pakai ayam goreng yang banyak ditaburi serundeng. Serundengnya dari kelapa setengah tua yang diparut memanjang. Bumbu-bumbunya kalau ala dapur saya hanya sederhana saja, yang pasti tanpa MSG...tapi rasa ditanggung sangat maksimal deeh.. :)
Yuuk dicoba didapur...

Ayam Goreng Serundeng Kelapa
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 ekor ayam potong jadi 10 bagian
150 gr kelapa parut setengah tua
3 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
1 batang serai digeprek
1 sdt garam (secukupnya)
2 sdt gula pasir
1 sdm air asam/air jeruk nipis

Bumbu Halus:
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
1 sdt teh ketumbar sangrai
5 butir kemiri sangrai
5 cm lengkuas




Cara Membuat:
1. Setelah ayam dipotong-potong dan dicuci bersih, masukkan kelapa parut, bumbu halus kedalam ayam, tambahkan garam dan gula. Aduk hingga rata, diamkan kurang lebih selama 1/2 jam agar bumbu meresap.
2. Ungkep atau masak ayam berbumbu dengan api sedang, tambahkan daun salam, serai dan daun jeruk, hingga air menyusut/mengering dan ayam matang.
3. Goreng ayam dan bumbu kelapa barut dengan api sedang, hati-hati menggorengnya jangan sampai kegosongan. Hidangkan dengan menaburi ayam dengan serundeng kelapa...beri taburan bawang goreng.

Minggu, 06 Mei 2012

Pastel Tuna Mayo



Cemilan gurih ini memang tidak membosankan, saya sangat suka banget sama pastel...pokoknya snek favorit banget. Alhamdulillah...bisa buat sendiri, ingat jaman dulu...saat masih belajar bikin kue pastel yang susah itu memilin-milin pinggiran kulitnya. Akhirnya...setelah berulang kali dicoba terus, bisa rapi juga.

Untuk sekarang ini saya bikin resep kulit pastel yang sederhana tetapi sangat renyah dan mudah membuatnya, berbeda dengan resep saya yang dulu. Resep bersumber dari website yang jadi favorit saya yaitu *My Resipi*. Di resep aslinya memakai takaran sendok makan, dan jumlah airnya juga tidak disebutkan. Yaah...jadi terpaksa saya mencoba-coba merenovasi dan membuat resep ini dengan mengkonversikan ke timbangan gram dan ukuran mili liter. Sehingga akhirnya resep ini menjadi resep andalan yang pas timbangannya dan pas rasanya...pastinya recommanded-lah.

Pastel yang saya buat kali ini berisi ikan tuna, sayuran dan ditambah mayoness. Paduan dua bahan yang memang sangat pas dan cocok rasanya, enak banget...unik dan khas mayoness-nya menggoda lidah. Jika tidak suka dengan isian dari ikan tuna bisa saja diganti dengan daging dada ayam rebus...rasanya oke juga, sesuai dengan selera saja deh.


PASTEL TUNA MAYO
Source: My Resipi
Modified: Ita-DaprGriyaKhayangan

Bahan Kulit :
250 gram tepung terigu
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
50 gram margarin lelehkan
30 ml minyak goreng, panaskan
80 ml air putih (5 sdm)

Bahan Isi :
5 siung bawang putih diiris
7 butir bawang merah diiris
150 gram ikan tuna kaleng
100 gram kentang potong kecil rebus
100 gram wortel potong kecil rebus
3 sdm mayoness
1 sdm kecap manis
1 sdt garam
1 sdm gula pasir
1 sdt merica halus
1/2 sdt pala halus
1 batang daun bawang diiris halus
1 batang daun seledri diiris halus
4 butir telur rebus dipotong beberapa bagian
2 sdm minyak zaitun/minyak goreng lain untuk menumis




Cara membuat :
1. Isi : Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Masukkan ikan tuna, aduk-aduk.
2. Masukkan wortel, kentang, aduk rata. Tuangkan air, taburkan garam, gula, merica, lada, kecap manis, mayoness...aduk sampai meresap. Tambahkan daun bawang dan daun seledri, aduk rata kembali.
3. Kulit : Tuangkan campuran minyak goreng dan margarin ke dalam tepung terigu bersama garam dan gula pasir. Aduk adonan kulit hingga tercampur rata, masukkan air putih. Aduk adonan dan uleni hingga kalis. Diamkan sebentar kira-kira 15 menit.
4. Gunakan gilingan mie untuk menipiskan kulit dengan ketebalan no 5, kemudian cetak dengan diameter 10cm. Atau jika tidak punya alat giling mie, bisa digiling dengan menggunakan gilingan dari kayu.
5. Ambil selembar kulit, taruh ditengahnya tumisan isi dan sepotong telur rebus, lipat jadi setengah lingkaran pilin-pilin hingga selesai.
6. Panaskan minyak goreng dengan api sedang, masukkan pastel. Disiram-siram dengan minyak, goreng sampai matang kuning keemasan.
7. Hidangkan dengan saos sambal atau cabe rawit.


#Note:
- Perlu saya ingatkan pada saat membuat adonan kulit pastel, sebelumnya panaskan dulu minyak goreng bersama margarin hingga margarin meleleh. Dalam keadaan masih panas tuangkan ke dalam tepung terigu, aduk dengan sendok kayu.
- Cara menggoreng kue pastel agar kulitnya berintik atau ada gelembung udaranya...pastel keluar jerawat,  memang ada tips/triknya, yaitu: panaskan minyak goreng hingga cukup panas, masukkan kue pastel, lalu matikan api...setelah kulit pastel keluar gelembung-gelembungnya, kembali nyalakan api, tetapi kecil saja, dan goreng pastel hingga kuning kecoklatan.
- Atau dengan cara menggoreng di minyak yang dingin (belum terlalu panas), yaitu dengan memasukkan kue pastel ke dalam minyak goreng yang sudah dinyalakan apinya tapi belum panas (dingin), kemudian goreng hingga kue pastel matang.

Kamis, 03 Mei 2012

Risoles Terong Tuna Mayo (Risoles TTM)



Risoles terong tuna mayo ini murni hasil utak atik saya...iseng-iseng bagaimana jika ditambahkan terong ke dalam isi risoles. Surprised...ternyata bener-bener mengejutkan rasanya, enaaakkk...satu kata saja cukup untuk mengungkapkannya. Dan rasa terong pun tak meninggalkan jejaknya, alias gak terasa kalau didalam risoles tersebut telah disisipkan sayuran eggplant, excited...


Risoles Terong Tuna Mayo (Risoles TTM)
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan 

Bahan Dasar Kulit Risoles :
300 gram tepung terigu protein sedang
400 ml susu cair
400 ml air putih matang
3 butir telur
1 sdt garam halus
2 sdm minyak goreng

Bahan Isian:
3 siung bawang putih cincang halus
1 buah bawang bombay cincang halus
150 gr terong dipotong kotak kecil
250 gram daging ikan tuna kaleng
150 gram wortel potong kotak2 keciln rebus
150 gram kentang potong kotak2 kecil rebus
1 batang daun bawang potong halus
1 batang daun seledri potong halus
50 gr cream cheese spreed
3 sdm mayones
1/2 sdt garam (secukupnya)
1 sdm gula pasir (sesuai selera)
1 sdt lada halus
1/2 sdt pala halus
3 sdm margarin/minyak goreng

Bahan Pencelup:
1 butir telur kocok lepas
2 sdm tepung terigu
sedikit garam
100 ml air putih (secukupnya, sampai pas kekentalannya)
===> Aduk semua bahan menjadi satu hingga halus dan licin
100 gr tepung panir/tepung roti yang kasar (tepung panko)

Cara Membuat Kulit Risoles:
1. Masukkan tepung terigu ke dalam baskom, lubangi tengahnya...pecahkan telur ditengah lubang...aduk2 dengan wisk (alat pengaduk) kemudian masukkan susu cair sedikit2 sambil terus diaduk pelan2 hingga tepung tercampur rata.
2. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk dengan wisker, sehingga larutan menjadi halus dan licin. Tambahkan garam dan minyak goreng.
3. Aduk-aduk kembali kalau belum licin, jika masih bergerindil bisa disaring supaya adonan menjadi halus dan licin.
4. Panaskan wajan dadar anti lengket, olesi wajan hanya pertama kali saja dengan minyak goreng memakai kuas tipis2.
5. Tuangkan 1 sendok sayur, tunggu hingga matang. Lalu pindahkan di atas piring lebar, lakukan hingga adonan kulit habis.

Cara Membuat Isian:
1. Tumis bawang putih, bawang bombay hingga harum dengan margarin/minyak goreng. Masukkan terong, ikan tuna...aduk rata sampai terong mulai layu.
2. Masukkan wortel dan kentang, daun bawang dan daun seledri...aduk2 kembali.
3. Tuangkan mayoness, cream cheese spreed, garam, gula, lada halus dan pala halus.
4. Aduk- aduk adonan sampai kelihatan mengental dan licin, jika sudah mulai meletup-letup angkat dan dinginkan.

Foto di bawah ini: Step by step cara melipat kulit risoles bentuk segitiga



Duuh, ternyata ada kesalahan letak urutan foto deh...dari 4 foto yg berjajar memanjang  ke bawah. Maaf yaa..harusnya yang urutan kedua ada di urutan ketiga, dan sebaliknya yang urutan ketiga mustinya di urutan kedua. Semoga paham, InsaAllah nanti diedit lagi fotonya...biar lebih jelas, he hee...


Penyelesaian:
1. Ambil selembar kulit dadar, isi dengan isian satu sendok makan, lipat seperti biasa membuat lipatan risoles.. di gulung, atau dibungkus segitiga seperti gambar diatas (lihat step by stepnya)
2. Celupkan ke dalam larutan telur, gulingkan ke tepung panir halus, kerjakan hingga selesai semua terlapisi.
3. Goreng dengan minyak panas sedang, hingga matang kuning keemasan. Sajikan dengan saus botol pedas atau cabe rawit hijau.

Puding Lapis Coklat Strawberry



Bismillah...

Di rumah punya banyak stok agar-agar bubuk bawaan dari Indonesia, kadang-kadang sampai kelupaan gak ditengok dilemari gudang bahan makanan...tahu-tahu ntar sudah expired/kadaluarsa. Alhamdulillah masih belum pada kadaluarsa...masih bisa dibuat dessert, penyejuk tenggorokan dan lambung. He he hee...

Puding coklat dan strawberry ini menggunakan agar-agar bubuk yang berlabel "agar-agar rasa", yang didalamnya sudah ada kandungan coklat bubuk dan perasa strawberry, terus bubuk agar-agarnya juga dicampur bubuk konyaku (jelly). Jadi tekstur dan serat pudingnya lebih lembut dan sedikit kenyal...karena ada penambahan jelly bubuk. Anak-anak dirumah memang lebih suka puding yang didalamnya ditambah jelly...karena nggak terlalu padat atau keras, ditelannya nglenyer... :)




Puding Lapis Coklat Strawberry
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:

Bahan Lapisan Coklat:
1 bks agarasa rasa coklat
100 gr gula pasir
100 ml susu kental manis
700 ml susu cair
20 gr coklat blok (DCC) cincang agak halus
1/2 sdt vanili bubuk
sedikit garam

Bahan Lapisan Strawberry:
1 bks agarasa rasa strawberry
100 gr gula pasir
100 ml susu kental manis
700 ml susu cair
1/2 sdt vanili bubuk
sedikit garam
sedikit pewarna merah muda

Bahan Vla:
10 gr tepung maizena
10 gr tepung kustard
750 ml susu cair tawar
100 gr gula pasir
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanili bubuk
1 buah kuning telur ukuran sedang
1/2 sdm mentega unsalted/tawar





Cara Membuat:

1. Lapisan Coklat: campur menjadi satu semua bahan, panaskan diatas kompor, aduk-aduk agar tidak menggumpal. Masak hingga mendidih...segera angkat. Tuangkan kedalam cetakan agar-agar/puding, diamkan agar mendingin.

2. Lapisan Strawberry: campur menjadi satu semua bahan, panaskan diatas kompor, aduk-aduk agar tidak menggumpal. Masak hingga mendidih...segera angkat, tunggu agar hilang dulu uap panasnya, dan agak hangat. Tuangkan diatas lapisan agar-agar warna coklat...pelan-pelan menuangnya, agar cairan yang panas tidak merusak lapisan coklat dibawahnya.

3. Dinginkan sebentar..lalu masukkan kedalam lemari es supaya puding lebih set dan padat. Setelah bener-bener dingin..dan mengeras, sajikan bersama vla vanila.


Cara Membuat Vla Vanila:

1. Campur semua bahan vla dalam panci perebus...kecuali kuning telur dan mentega, aduk rata dengan wisk. Lalu rebus diatas panas api sedang sambil tetap diaduk-aduk dengan wisk.

2. Kocok lepas kuning telur, lalu ambil 2 sendok sayur larutan vla yang sedang direbus, aduk-aduk cepat agar telur tidak matang kena panas.

3. Masukkan campuran telur tersebut kedalam larutan vla yang sedang direbus, aduk-aduk segera hingga tercampur rata, aduk terus sampai larutan mengental dan meletup-letup, masukkan mentega dan aduk lagi hingga larutan vla menjadi halus licin dan mengental. Angkat segera dan pindahkan kedalam wadah vla vanila. Siap untuk dijadikan pelengkap puding.