Minggu, 06 Mei 2012

Pastel Tuna Mayo



Cemilan gurih ini memang tidak membosankan, saya sangat suka banget sama pastel...pokoknya snek favorit banget. Alhamdulillah...bisa buat sendiri, ingat jaman dulu...saat masih belajar bikin kue pastel yang susah itu memilin-milin pinggiran kulitnya. Akhirnya...setelah berulang kali dicoba terus, bisa rapi juga.

Untuk sekarang ini saya bikin resep kulit pastel yang sederhana tetapi sangat renyah dan mudah membuatnya, berbeda dengan resep saya yang dulu. Resep bersumber dari website yang jadi favorit saya yaitu *My Resipi*. Di resep aslinya memakai takaran sendok makan, dan jumlah airnya juga tidak disebutkan. Yaah...jadi terpaksa saya mencoba-coba merenovasi dan membuat resep ini dengan mengkonversikan ke timbangan gram dan ukuran mili liter. Sehingga akhirnya resep ini menjadi resep andalan yang pas timbangannya dan pas rasanya...pastinya recommanded-lah.

Pastel yang saya buat kali ini berisi ikan tuna, sayuran dan ditambah mayoness. Paduan dua bahan yang memang sangat pas dan cocok rasanya, enak banget...unik dan khas mayoness-nya menggoda lidah. Jika tidak suka dengan isian dari ikan tuna bisa saja diganti dengan daging dada ayam rebus...rasanya oke juga, sesuai dengan selera saja deh.


PASTEL TUNA MAYO
Source: My Resipi
Modified: Ita-DaprGriyaKhayangan

Bahan Kulit :
250 gram tepung terigu
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
50 gram margarin lelehkan
30 ml minyak goreng, panaskan
80 ml air putih (5 sdm)

Bahan Isi :
5 siung bawang putih diiris
7 butir bawang merah diiris
150 gram ikan tuna kaleng
100 gram kentang potong kecil rebus
100 gram wortel potong kecil rebus
3 sdm mayoness
1 sdm kecap manis
1 sdt garam
1 sdm gula pasir
1 sdt merica halus
1/2 sdt pala halus
1 batang daun bawang diiris halus
1 batang daun seledri diiris halus
4 butir telur rebus dipotong beberapa bagian
2 sdm minyak zaitun/minyak goreng lain untuk menumis




Cara membuat :
1. Isi : Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Masukkan ikan tuna, aduk-aduk.
2. Masukkan wortel, kentang, aduk rata. Tuangkan air, taburkan garam, gula, merica, lada, kecap manis, mayoness...aduk sampai meresap. Tambahkan daun bawang dan daun seledri, aduk rata kembali.
3. Kulit : Tuangkan campuran minyak goreng dan margarin ke dalam tepung terigu bersama garam dan gula pasir. Aduk adonan kulit hingga tercampur rata, masukkan air putih. Aduk adonan dan uleni hingga kalis. Diamkan sebentar kira-kira 15 menit.
4. Gunakan gilingan mie untuk menipiskan kulit dengan ketebalan no 5, kemudian cetak dengan diameter 10cm. Atau jika tidak punya alat giling mie, bisa digiling dengan menggunakan gilingan dari kayu.
5. Ambil selembar kulit, taruh ditengahnya tumisan isi dan sepotong telur rebus, lipat jadi setengah lingkaran pilin-pilin hingga selesai.
6. Panaskan minyak goreng dengan api sedang, masukkan pastel. Disiram-siram dengan minyak, goreng sampai matang kuning keemasan.
7. Hidangkan dengan saos sambal atau cabe rawit.


#Note:
- Perlu saya ingatkan pada saat membuat adonan kulit pastel, sebelumnya panaskan dulu minyak goreng bersama margarin hingga margarin meleleh. Dalam keadaan masih panas tuangkan ke dalam tepung terigu, aduk dengan sendok kayu.
- Cara menggoreng kue pastel agar kulitnya berintik atau ada gelembung udaranya...pastel keluar jerawat,  memang ada tips/triknya, yaitu: panaskan minyak goreng hingga cukup panas, masukkan kue pastel, lalu matikan api...setelah kulit pastel keluar gelembung-gelembungnya, kembali nyalakan api, tetapi kecil saja, dan goreng pastel hingga kuning kecoklatan.
- Atau dengan cara menggoreng di minyak yang dingin (belum terlalu panas), yaitu dengan memasukkan kue pastel ke dalam minyak goreng yang sudah dinyalakan apinya tapi belum panas (dingin), kemudian goreng hingga kue pastel matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar