Selasa, 14 Februari 2017

Chiffon Keju Putih Telur



Bismillah...

Chiffon Keju Putih Telur, basic resepnya masih sama dengan Chiffon Pandan Putih Telur yang sudah pernah saya share beberapa bulan yang lalu. Tinggal kasih isi/filling keju potong kubus kecil/atau keju parut, dan topping keju parut.

Alhamdulillah...teteeep nikmat, karena ada kejunya sih...lembutnya bangeee...ettt. Abaikan ya fotonya tidak terlalu bagus...mohon dimaafkan, karena hanya menggunakan kamera henpon.

Chiffon Keju Putih Telur
Modified: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan A:
120 gr tepung terigu protein sedang
20 gr susu bubuk
80 ml minyak goreng
120 ml air putih/susu cair

Bahan B:
80 gr keju cheddar potong dadu kecil lalu taburi tepung terigu hingga tersalut tepung terigu

Bahan C:
300 gr putih telur
1/2 sdt garam halus
1 sdt tepung maizena
800 gr gula pasir

Bahan D:
Keju cheddar parut secukupnya untuk topping

Cara Membuat:
1. Pertama sekali, panaskan oven dengan suuhu 170-180 sampai kira2 20 menit. Agar panas oven stabil dan rata.
2. Siapkan loyang chiffon bongkar pasang diameter 22 cm, tidak perlu dioles margarin, alasi loyang chiffon dengan loyang persegi/kotak ketika nanti dimasukkan ke dalam oven. Agar mudah untuk memindah mindah atau memutar loyang chiffon disaat proses pemanggangan.
3. Campur menjadi satu bahan A, aduk menggunakan wisker/spatula/mixer sampai adonan halus dan licin tidak kasar bergerindil. Sisihkan.
4. Mixer bahan C, putih telur bersama garam halus dan tepung maizena dengan kecepatan sedang sampai berbusa, lalu tuangkan gula halus, kocok dengan kecepatan tinggi sampai putih telur mengembang putih (soft peak). Tandanya ketika baling2 mixer kita angkat putih telur membentuk ujung lancip dan tidak melorot jatuh.
5. Lalu tuangkan sepertiga bagian adonan C ke adonan A, aduk pelan2 secara merata. Tuangkan lagi sepertiga bagian, aduk rata, dan masukkan sepertiga bagian lagi, aduk kembali dengan rata secara ringan2 saja. Masukkan keju potongan dan aduk balik pelan2 secara merata. Kemudian tuangkan ke dalam loyang chiffon. Taburi bahan D untuk topping cake.
Hentakkan loyang chiffon satu sampai dua kali agar udara yang terperangkap didalam adonan chiffon bisa keluar, sehingga cake tidak banyak berpori nantinya.
6. Panggang cake chiffon selama kurang lebih 1 jam lebih 15 menit sehingga cake matang merata. Keluarkan loyang chiffon dari oven, balikkan loyang chiffon dengan cara disangga leher botol atau kalau loyangnya sudah ada kakinya tinggal dibalik diatas nampan atau loyang kotak. Tunggu hingga benar2 dingin, kemudian baru dikeluarkan dari loyang.
7. Cara melepas cake chiffon dari loyang, bisa menggunakan pisau kecil panjang atau spatula yang dari plastik tipis, ditusukkan dipinggiran cake lalu diputar mengelilingi cake, pelan2 dan hati2 agar cake terlepas dengan mulus dan halus rata.

SEMPOLAN



Bismillah...

Karena belum pernah bikin sempolan yang booming udah dari jaman kapan dulu...sampai sekarang sudah gak ngetrend lagi. Dan saya belum ada niat sekalipun saat itu untuk mencoba bikin. 

Siang tadi...akhirnya semangat mengkhusyukkan diri di dapur uplek2 Sempolan...mumpung bahan2 sudah lengkap di peti sejuk harta kirun... :p

Saya bikin dengan resep seperti kalau membuat siomay. Semua bahan cemplung2 campur2 aduk2...dan seterusnya, jadilah Si Sempolan yang mlenuk ginuk2...

Biar yang nyemol puas dan kenyang...Sebenarnya sudah banyak resep sempolan di internet, tinggal googling aja pasti ketemu banyak macam resep2 sempolan.

Dibawah ini saya titip resep sempolan ya...resepnya juga bisa diaplikasikan menjadi siomay dan batagor. Tekstur adonan setelah matang cukup kenyal dan tetap empuk dan tentunya sangat lekker menurut saya...
Hihihiiii...sekali2 nyanjung hasil masakan sendiri donk, pastinya...daripada gak ada yang muji :D

SEMPOLAN
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Biang:
50 gr tepung terigu
100 ml air mendidih
----> Tuangkan air mendidih pada tepung terigu, aduk hg mjd bubur terigu. Sisihkan.

Bahan lain:
300 gr dada ayam haluskan
100 gr udang haluskan
1 butir telur
2 sdt garam halus (secukup rasa)
1 1/2 sdt gula pasir (sesuai selera)
1 sdt merica halus
200 gr tepung tapioka

3 siung bawang putih
5 biji bawang merah
----> Haluskan

1 tangkai daun bawang iris halus
1 tangkai daun daun seledri iris halus
1 buah wortel size kecil serut kecil

Adonan Celupan:
2 sdm tepung terigu
3-4 sdm air putih
Sedikit garam
1 btr telur
----> Campur menjadi satu hg halus.

Cara Membuat:
1. Campur biang, ayam, udang, bumbu halus garam, gula pasir, merica, telur dan sayur2an. Aduk hingga rata.
2. Masukkan tepung tapioka, aduk kembali hingga adonan tercampur rata, cicipi dan koreksi rasanya sudah pas belum.
3. Ambil sedikit adonan lalu tempelkan pada ujung lidi sate bentuk sesuai selera. Agar tidak lengket di tangan, taburi tangan dengan tepung tapioka sebelum membentuk adonan.
4. Rebus sempolan hingga mengapung dipermukaan air yg mendidih. Tiriskan hingga dingin.
5. Celupkan pada adonan celupan, lalu goreng di wajan agak cekung dengan minyak goreng cukup banyak agar sempolan bisa terendam. Gunakan api kompor sedang2 saja biar tidak mudah gosong.
6. Sajikan hangat dengan saos sesuai selera.

Asinan Buah Klengkeng



Bismillah...

Akhirnya saya muncul lagi...setelah sekian lama tidak entry blog ini, maafkan saya my online kitchen. Karena banyak hal2 urusan di dapur nyata saya yang tidak bisa dikesampingkan. Mudah2an saya lebih tidak malas lagi menyapa blog kesayangan ini...InsyaAllah :)

Dari kemaren dulu2...dan sampai sekarang asinan rambutan asam boi masih sering mondar mandir di sosmed.
Saat saya googling...ternyata para blogger Malay sudah sangat lama mempopulerkan asinan rambutan asam boi...sedangkan disini baru saja beberapa bulan terakhir ini berjaya.
Kalo ditilik bahan2nya antara lain jeruk lemon cui/jeruk kasturi...agak susah di dapat di kota saya. Juga kiamboy/manisan buah plum...atau biasa disebut orang Malay asam boi, belum saya dapatkan disini...kemungkinan ada tapi belum tahu harus beli dimana...

Akhirnya coba berkreasi sendiri...
Karena saya tidak terlalu suka buah rambutan...lalu saya ganti dengan buah klengkeng, ditemani buah apel hijau, potongan jeruk peras kecil2...sama biji2 buah delima.
Rasa manis asinnya pakai gula pasir, garam plus air putih yang saya rebus dulu bersama cabe merah dan cabe rawit. Sengaja saya tambahkan air karena suka sekali sama kuah asinan yang luber/banyak.
Untuk rasa asamnya saya guna air jeruk peras dan air asam yang diambil beningnya.

Untuk resep dan cara pembuatan sangat simple aja, sebenarnya tidak dipatok dengan ukuran atau resep baku. Dibawah ini saya coba diskripsikan saat saya membuatnya...


Asinan Buah Klengkeng Segar
Modified: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Buah2an:
500gr buah klengkeng kupas, lepas isinya
1 buah apel hijau potong2 sesuai selera
12 buah jeruk peras kecil
Biji buah delima (kalau ada)

Proses Pembuatannya:
Jeruknya diperas agak banyak kira2 6 biji. Yg 6 biji dipotong2 dicampur potongan buah2an lainnya.

7 sdm gula, 2 sdt garam, 3 biji cabe merah kriting potong serong, 3 biji cabe rawit merah dipotong kecil2. Lalu direbus dengan air 250ml sp mendidih.

Siapin asam kira2 15 mata asam rendam di air panas...tunggu hg hangat lalu diremas2 biar keluar sari asamnya, biarkan mengendap. Saring ambil air yg beningnya kurang lebih 150ml.

Campur semua bahan...aduk2, simpan di kulkas kira2 1/2jam. Siap disajikan.

Alhamdulillah yaa...
Sesuatu sekali rasanya
Nagih bangeeettt...