Selasa, 14 Februari 2017

Chiffon Keju Putih Telur



Bismillah...

Chiffon Keju Putih Telur, basic resepnya masih sama dengan Chiffon Pandan Putih Telur yang sudah pernah saya share beberapa bulan yang lalu. Tinggal kasih isi/filling keju potong kubus kecil/atau keju parut, dan topping keju parut.

Alhamdulillah...teteeep nikmat, karena ada kejunya sih...lembutnya bangeee...ettt. Abaikan ya fotonya tidak terlalu bagus...mohon dimaafkan, karena hanya menggunakan kamera henpon.

Chiffon Keju Putih Telur
Modified: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan A:
120 gr tepung terigu protein sedang
20 gr susu bubuk
80 ml minyak goreng
120 ml air putih/susu cair

Bahan B:
80 gr keju cheddar potong dadu kecil lalu taburi tepung terigu hingga tersalut tepung terigu

Bahan C:
300 gr putih telur
1/2 sdt garam halus
1 sdt tepung maizena
800 gr gula pasir

Bahan D:
Keju cheddar parut secukupnya untuk topping

Cara Membuat:
1. Pertama sekali, panaskan oven dengan suuhu 170-180 sampai kira2 20 menit. Agar panas oven stabil dan rata.
2. Siapkan loyang chiffon bongkar pasang diameter 22 cm, tidak perlu dioles margarin, alasi loyang chiffon dengan loyang persegi/kotak ketika nanti dimasukkan ke dalam oven. Agar mudah untuk memindah mindah atau memutar loyang chiffon disaat proses pemanggangan.
3. Campur menjadi satu bahan A, aduk menggunakan wisker/spatula/mixer sampai adonan halus dan licin tidak kasar bergerindil. Sisihkan.
4. Mixer bahan C, putih telur bersama garam halus dan tepung maizena dengan kecepatan sedang sampai berbusa, lalu tuangkan gula halus, kocok dengan kecepatan tinggi sampai putih telur mengembang putih (soft peak). Tandanya ketika baling2 mixer kita angkat putih telur membentuk ujung lancip dan tidak melorot jatuh.
5. Lalu tuangkan sepertiga bagian adonan C ke adonan A, aduk pelan2 secara merata. Tuangkan lagi sepertiga bagian, aduk rata, dan masukkan sepertiga bagian lagi, aduk kembali dengan rata secara ringan2 saja. Masukkan keju potongan dan aduk balik pelan2 secara merata. Kemudian tuangkan ke dalam loyang chiffon. Taburi bahan D untuk topping cake.
Hentakkan loyang chiffon satu sampai dua kali agar udara yang terperangkap didalam adonan chiffon bisa keluar, sehingga cake tidak banyak berpori nantinya.
6. Panggang cake chiffon selama kurang lebih 1 jam lebih 15 menit sehingga cake matang merata. Keluarkan loyang chiffon dari oven, balikkan loyang chiffon dengan cara disangga leher botol atau kalau loyangnya sudah ada kakinya tinggal dibalik diatas nampan atau loyang kotak. Tunggu hingga benar2 dingin, kemudian baru dikeluarkan dari loyang.
7. Cara melepas cake chiffon dari loyang, bisa menggunakan pisau kecil panjang atau spatula yang dari plastik tipis, ditusukkan dipinggiran cake lalu diputar mengelilingi cake, pelan2 dan hati2 agar cake terlepas dengan mulus dan halus rata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar