Kamis, 02 Februari 2012

Brownies Kukus Pandan Coklat



Bikin brownies kukus kombinasi yuuk...biasa brownies yang memang seharusnya berwarna coklat sering dipadukan dengan keju, tentu rasanya sangat istimewa. Naah...kalau sekarang ini brownies coklat dipadankan dengan brownies pandan, dan ternyata padu padan dan kekontrasan warna, aroma dan rasa keduanya menjadikan citarasa brownies kukus yang lembut dan menggoda tuk diiip-icip. Mari kita membuatnya, resepnya saya tuliskan dibawah ini.


BROWNIES KUKUS  PANDAN COKLAT (Bronkus PanCo)
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan A:
4 butir telur
150 gr gula pasir
1 sdt SP

Bahan B:
130 gr tepung terigu
1/2 sdt Baking Powder
1/4 sdt garam
===> Campur semua bahan diatas hingga rata.

Bahan C:
100 ml margarin/minyak goreng
50 gr White Cooking Chocolate/coklat blok putih
===> Parut atau serut coklat masak putih dengan parutan keju, panaskan margarin/minyak goreng sebentar lalu angkat dari api, kemudian masukkan coklat blok putih parut kedalam margarin/minyak goreng dan aduk hingga rata.

Bahan D:
1/2 sdt pasta coklat
1/2 sdt pasta pandan

Bahan E:
50 gr messes ceres coklat





Cara Membuat:
1. Kocok dengan mixer bahan A hingga mengembang kental dan putih, bila baling2 mixer diangkat adonan agak susah jatuh (jatuh dengan pelan sekali).
2. Tuangkan bahan B sedikit demi sedikit kedalam adonan A, tetap gunakan mixer kecepatan rendah untuk mencampurnya hingga rata.
3. Terakhir masukkan bahan C, mixer dengan kecepatan rendah hingga semua bahan tercampur merata.
4. Bagi adonan brownies menjadi dua bagian yang sama beratnya, satu bagian pasta coklat kemudian aduk hingga rata, satua bagian beri pasta pandan dan aduk hingga rata.
5. Tuangkan adonan brownies warna coklat kedalam loyang loaf ukuran 24x10x7 yang sudah dioles dasarnya dengan margarin dan dialasi kertas roti. Kukus selama 10-15 menit.
6. Setelah lapisan pertama matang, taburi atasnya dengan messes ceres coklat kemudian kukus kembali selama kurang lebih 5 menit agar messes meleleh dan lembab.
7. Setelah itu tuangkan lapisan kedua yaitu adonan brownies warna hijau, lalu kukus selama 15-20 menit atau hingga matang. Setelah matang, angkat dan dinginkan. Potong2 sesuai selera dan sajikan.


# Tips:
- Untuk membuat brownies kukus, margarin bisa diganti dengan minyak goreng dengan berat/jumlah yang sama, misalkan 100 gr margarin diatas, bisa diganti dengan minyak goreng sebanyak 100 ml. Dan hasil akhirnya pun akan lebih terasa lembut dan lembab bila dibandingkan dengan menggunakan margarin.
- Untuk melelehkan white cooking chocolate/coklat blok putih sebaiknya sebelum dilelehkan coklat blok putih di parut halus dengan parutan keju atau diserut dengan pisau secara halus, karena memang coklat blok putih lebih susah untuk mencair, berbeda banget dengan coklat blok pekat/DCC. Setelah diserut atau diparut coklat blok putih masukkan kedalam margarin yang sudah dilelehkan, aduk2 hingga meleleh dan tercampur rata dengan margarin cair. Bigitupun bila menggunakan minyak goreng, panaskan minyak goreng lalu masukkan coklat blok putih parut kedalamnya, aduk hingga leleh dan tercampur rata dengan minyak goreng.

Selamat Mencoba... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar