Minggu, 12 Februari 2012

MENDOL TEMPE (Perkedel Tempe)


Tiba-tiba koq teringat sama lauk pauk ndeso khas jawa timuran yaa...itu si mendol gosong alias mendol tempe. Karena kalau nggoreng mendol tempe enaknya memang yang agak coklat rada-rada gosong gitu...rasanya lebih gurih dan garing. Naah...pas di dalam kulkas punya selonjor/sekotak tempe yang sudah agak tua, maksudnya tempe semangit atau tempe yang sudah lewat 3 hari kan disebut stw (setengah tuwo, he hee...). Ketimbang tempe ini nanti keburu busuk, mendingan dibuat mendol tempe aja.

Saya bisa bikin mendol tempe ini karena dulu waktu masih kuliah di Malang sering ikutan didapur bulik saya (tante saya) karena awal-awal kuliah saya masih tinggal di rumah bulik saya. Kalau lagi gak ada jam kuliah...suka nimbrung ke dapur mbantuin Yu Sikah (pembantu bulik saya) masak. Dari situ pula malah...saya belajar masak, dan alhamdulillah meski sedikit ilmu memasak saya dapatkan dari dia sangat bermanfaat sekali. Sayangnya beberapa bulan kemudian saya harus ngekost...karena rumah bulik saya sangat jauh dari kampus. Begitulah ceritanya tentang kebisaan saya masak mendol gosong ini, hwa ha haa...cerita tentang mendol tempe !!!


MENDOL TEMPE
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
500 gr tempe tua dikukus dan dihancurkan agak kasar
2 sdm tepung maizena/tepung terigu
1 butir telur kocok lepas
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1 sdt kaldu ayam bubuk (jika suka)

Bumbu Halus:
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 cm kencur
3 lembar daun jeruk purut buang tulang daunnya
3 buah cabe rawit merah
1 buah cabe merah besar




Cara membuat:
1. Campur tempe yang sudah dihaluskan tetapi jangan terlalu halus (agak ada kasar-kasarnya sedikit, masih kelihatan butiran kedelainya) dengan bumbu halus, aduk rata.
2. masukkan tepung maizena/tepung terigu, garam, gula dan kaldu bubuk rasa ayam...aduk-aduk lagi hingga rata.
3. Masukkan telur, aduk kembali hingga adonan tercampur rata.
4. Ambil sesendok adonan pulung/bentuk menjadi pipih agak memanjang (oval), lakukan hingga adonan habis dipulung.
5. Goreng hingga matang coklat kekuningan, angkat dan tiriskan.
Siap untuk disandingkan sebagai pendamping menu utama tumis kangkung..plus lalaban sambel cobek dadakan, mantaabb.. :)


1 komentar: