Rabu, 22 Februari 2012

Kue Cubit dan Kue Sarang Laba-Laba



Waktu masih tinggal di Indonesia dulu...dan anak-anak masih kecil-kecil, saya sering membuat kue cubit sendiri di rumah, cetakan kuenya beli di tbk langganan. Dan waktu saya boyongan kesini... cetakan kue cubitnya diwariskan ke tetangga yang baik hati, yang saya titipin buat menjaga rumah yang ditinggalkan. Kata beliaunya buat belajar bikin kue cubit sendiri.

Saat masih sekolah di SD dan TK Al Azhar Syifa Budi Cilegon...si Emas dan Adek suka beli jajanan kue cubit di depan sekolah sesaat setelah pulang sekolah. Padahal kalau dicoba rasakan...kue cubitnya si abang yang mangkal di depan sekolah itu biasa saja, enaknya karena masih hangat...wuihh!?, kalau dah adem jadi agak keras dan menurut saya sih kurang enak aja. Tapi wong namanya anak-anak...jajanan beli pasti dibilang enak aja, padahal lebih enak bikinan ibunya.. :p

Ketika itu saya bikin kue cubitnya mengacu pada resep dari majalah Sedap...tapi karena majalahnya ada di Indonesia, lagian suka gak mau nginget atau nyatet resepnya...jadi lupa deh (emang dasarnya pelupa sihh), akhirnya pas disini mau coba buat kue ini  terpaksa mengandalkan feeling aja...resep kue ini hampir sama dengan membuat pancake.  Jadi setiap bikin kue cubit resepnya "ASPLUNG"...asal cemplang cemplung, yang penting jadi deeh...tergantung moodnya. Kadang terasa enaak...kadang juga kurang enak, walah...ya gitulah. Biasa kan buu...he he hee...

Tapi karena mau di posting di blog, saya musti membuat takarannya..dengan pertimbangan agar nanti bermanfaat buat saya pribadi kalau sewaktu-waktu mau bikin kue cubit lagi nggak pusing-pusing mikir berapa-berapa yaa komposisi bahannya..atau sibuk nyari-nyari resep orang lain. Dan tentu saja semoga juga memberi manfaat buat yang menengok blog sederhana saya ini. Jika rasa kue cubit resep saya nanti kurang mengena di lidah anda, silakan saja diutak atik sendiri... :)





KUE CUBIT dan KUE SARANG LABA-LABA
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
200 gr tepung terigu
50 gr gula pasir (jika suka lebih manis boleh ditambah)
1 sdt baking powder
1/2 sdt vanili bubuk
1/2 sdt garam
50 ml susu kental manis+50 ml air putih, aduk rata
100 ml santan kelapa (pakai yang instan juga boleh)
2 butir kuning telur kocok lepas
50 gr messes Ceres untuk taburan
50 gr keju cheddar parut untuk taburan





Cara Membuat:
1. Campur menjadi satu bahan-bahan kering dalam suatu wadah...tepung terigu, gula pasir, baking powder, vanili bubuk dan garam.
2. Tuangkan susu cair kental manis (kalau pakai susu cair non SKM/susu UHT plain, dgn berat 100 ml tapi harus ditambah gula sekitar 50 gr, dan hasil kue cubit juga akan berbeda...*kalau pakai SKM akan seperti rasa kue cubitnya abang2 yg jualan*). Aduk rata dengan wisk.
3. Tuangkan santan kelapa...aduk lagi hingga rata, terakhir masukkan telur...aduk lagi hingga tercampur rata. Diamkan kurang lebih setengah jam...baru adoanan boleh dicetak di atas cetakan kue cubit dan jangan lupa beri taburan messes atau keju parut.  Cetakan kue cubit harus dipanaskan dulu kurang lebih 15 menit sebelum dibuat memanggang.
4. Dibawah ini cara membuat ke sarang laba-laba...ala abang-abang yang jualan kue cubit. Jadi adonan dituangkan ke cetakan secara memutar seperti membuat jaring secara acak saja. Lalu biarkan sampai menjelang kering..segera lipat kedalam menjadi segitiga. Taruh di kertas apa saja yang dibentuk contong segitga...atau dikertas tissue, taburi messes atau keju.




Selamat mencoba...
Semoga berhasil membuat kue cubit seperti yang diharapkan.. :)

2 komentar:

  1. Waah, baru tahu nih tentang Resep Kue Sarang Laba-Laba. Untuk membuat Kue Sarang Laba-Laba itu, bahan-bahan adonannya masih sama dengan Kue Cubitnya ya? Saya punya artikel tentang Resep Kue Cubit yang ada di blog saya. Mohon jika berkenan untuk diberikan review atau ulasan.

    BalasHapus
  2. Iya memang begitu pak M Murtada...yg saya tahu dipenjual kue cubit selalu disertai kue sarang laba2.
    Saya sdh lihat resep kue cubit di blog bapak, terima kasih sudah berkunjung di blog saya. Blog ini hasil dari kesibukan dan keseharian saya berkutat didapur...InsaAllah resep2nya sudah teruji.

    BalasHapus