Kamis, 09 Februari 2012

CHEESE BALL


Tertarik saya...dengan resep Cheese Ball postingan dari Mb R (Rachmah Setyawati) di facebook beberapa hari yang lalu, karena anak-anak suka sama kue-kue atau cemilan yang berbau-bau keju.  Selama ini belum pernah saya membuat kue berkeju banyak sekali seperti cheese ball ini. Langsung menuju ke dapur...semua bahan sudah ready stock. Dan setelah saya uplek-uplek adonannya saya sesuaikan dengan selera keluarga...jadilah chezz ball yang enak, lembuut dan ngeju banget...mak klenyeeer saat ditelan, he hee...

Cheese ball ini adonannya mirip sekali dalam pembuatan adonan kue kroket kentang yang biasa kita bikin, hanya saja penambahan kejunya yang dominan. Sedang kalau kroket ada unsur campuran dengan berbagai macam sayur dan daging. Mirip-mirip juga bitterballen penampakannya...secara dibulet-buletin dan dibalut tepung panko/panir terus digoreng deeh...

Yuk maree...kita coba praktek langsung ke dapur, ini resep dari narasumbernya... :)


CHEESE BALL ala Mbak R (Rachmah Setyawati)
Modifikasi oleh: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
250gr Kentang kukus, haluskan
1/2 sdt susu bubuk (saya tambah jadi 1 sdm )
1/2 sdt cream cheese (saya tambah jadi 1 sdm)
125gr Keju Cheddar parut (saya kurangi jadi 100 gr)
1 sdm butter/mentega tawar (tambahan dari saya sendiri )

Bahan Panir:
Tepung panko/tepung panir (saya pakai tepung panko kuning)
Putih Telur (saya pakai 1 putih telur +1 sdm air putih dikocok rata)
Tepung Terigu (saya pakai tepung maizena)





Cara Membuat:
1. Kukus kentang hingga empuk, setelah uapnya hilang, tak terlalu panas, segera kupas dan haluskan , disela2nya waktu menghaluskan masukkan susu bubuk , cream cheese dan mentega...haluskan lagi hingga tercampur merata.
2. Terakhir masukkan keju cheddar parut, aduk merata. Diamkan adonan selama 15 menit dalam kulkas (chiller), hingga adonan mudah untuk dipulung/dibentuk menjadi bulatan bola-bola.
3. Keluarkan adonan dari kulkas, bentuk bulatan2  bola kecil. Saya bentuk bulatan cheese ballnya dengan berat masing-masing 30 gr.
4. Gulirkan adonan bola-bola cheese tadi ke dalam tepung terigu (maizena), lalu celupkan dalam kocokan putih telur, lalu masukkan dlm tepung panir...balut bola-bola dengan tepung panko/panir, tekan pelan-pelan hingga menempel rata.
5. Setelah semua adonan selesai dipanir, simpan kembali kedalam kulkas sekitar 15 menit, lalu goreng dengan api panas sedang, hingga kuning keemasan saja, "JANGAN TERLALU LAMA" menggoreng,  karena hanya ingin mendapatkan permukaan yang kuning kecoklatan dan kering saja (karena dalamnya sdh matang semua)---> kalau terlalu lama bisa "pecah adonan".

#Note:
Saya menggoreng hanya sebentar saja...kurang lebih 30 detik, dan jangan banyak-banyak memasukkan bola-bola cheese ke dalam penggorengan. Lebih baik maksimal 4 buah setiap menggoreng, dan jangan sering dibolak balik...bisa merusak bentuk bola-bola/menjadi pecah dan penampilannya enggak mulus. 

Selamat mencoba, enak tenan lhoo...
Hasil jadi : sekitar 13-15 biji (diameter sekitar 3-4cm)

2 komentar:

  1. minta resepnya ya mbak... terimakasih

    BalasHapus
  2. Silahkan mbak...mudah2an suka dg hasilnya :)

    BalasHapus