Kamis, 05 Januari 2012

Kroket Kampung


Jajanan gurih selalu disukai oleh sebagian besar dari kita, salah satunya adalah kroket. Kroket yang kita kenal pastilah biasanya dibuat dari kentang kan?..rasanya gurih dan lembut dilidah. Tapi kroket yang saya buat ini sebenarnya mirip lumpia..karena bahan kulitnya bukan dari kentang, tapi dibuat dari tepung terigu dan tepung tapioka, dan isinya itu bihun goreng yang dikasih sayuran. Cemilan ini makanya saya sebut kroket kampung..atau sering di kampung disebut risol, bukan risoless lho..ha haa...

Di tempat kami tinggal dulu..sebelum hijrah ke Kuwait, di Cilegon Banten gorengan kroket ini banyak dijual di sepanjang jalan dan kampung kala bulan puasa, dijadikan takjil saat buka puasa (ifthar), dan biasanya dicocolkan dengan bumbu sambel kacang yang pedas asin. Kebetulan dirumah saya punya pembantu rumah tangga yang orang kampung asli Cilegon, dia paling bisa kalau bikin-bikin makanan khas orang Cilegon...termasuk bikin kroket ini. Jadi malah saya yang belajar bikin kroket ala mereka, kalo gitu...mari kita bikin kroket kampung ala ibu Ita, dan tentunya sudah saya modif habis-habisan agar sesuai lidah kami.. :)

Kroket Kampung
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Kulit:
250 gr tepung terigu
50 gr tepung tapioka
2 putih telur kocok lepas
1/2 sdt garam
600 ml air matang
2 sdm minyak goreng

Bumbu Halus:
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdt lada
1 sdt garam
2 sdm ebi direndam air panas, lalu ditiriskan

Bahan Isi:
200 gr bihun/soun direndam air mendidih, tiriskan
Saya pakai soun, karena sedang tidak ada stok bihun
1 buag wortel potong dadu kecil dan rebus
1 buah kentang ukuran besar potong dadu dan rebus
50 gr kol iris kecil halus
1 butir telur+2 kuning telur sisa dari untuk bahan kulit
1 batang daun bawang iris halus
2 batang daun seledri iris halus
1 sdm saus tiram
1 sdm minyak wijen
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir


Cara Membuat:
1. Campur menjadi satu adonan kulit, aduk dengan wisk hingga tercampur rata dan adonan halus licin. tuangi 2 sdm minyak goreng, aduk lagi hingga minyak larut.
2. Seperti biasa siapkan panci dadar, lalu dadarkan satu persatu hingga adonan kulit habis. Jangan lupa sisakan 2 sendok sayur adonan kulit untuk bahan mengelem (merekatkan) kulit yang sudah di isi dengan bihun.
3. Membuat isian, tumis bumbu halus dengan sedikit minyak goreng sampai harum dan kekuningan. Tuangkan telur dan biarkan hingga telur setengah matang lalu orak ariklah telur sehingga membentuk gumpalan kecil-kecil, aduk-aduk hingga bercampur, masukkan kol..aduk hingga campur.  Masukkan bihun/soun, wortel, kentang, daun bawang dan daun seledri. Aduk hingga rata, hingga sayuran dan bihun/soun matang. Sisihkan..


4. Isikan kulit dadar dengan adonan isi bihun, kemudian gulung dan lipat seperti membuat lumpia dan padatkan, lalu oles dengan perekat dari bahan kulit yang disisakan seperti yang yang saya sebutkan diatas (no.2). Lakukan hingga semua kulit habis di isi dan dan digulung. Goreng dengan minyak panas sedang hingga matang kuning kecoklatan.
5. Untuk bahan cocolan sambel kacang, bahan dan bumbunya hampir sama dengan bumbu siomay, bisa dilihat di resep saya tentang siomay. Tapi saya yakin pasti semua juga bisa buat bumbu sambel kacang untuk cocolan kroket ini, wong cuma kacang tanah yang digoreng dan blender dengan cabe, bawang putih, gula merah dan garam..gitu aja koq, simpel kan..? Selamat Membuat..pasti berhasil maknyuss.. :)

5 komentar:

  1. Thanks resepnya simpel bngt.. lagi kangen makanan kampung

    BalasHapus
  2. Sama2 mb Leni...terima kasih sudah mampir di blog ini, salam kenal...
    Semoga resepnya bermanfaat...

    BalasHapus
  3. setelah digoreng hasilx akan sama dg kulit risoles yg pake panirlg mba? atau lebih krispi

    BalasHapus
  4. Mba, ini hasilnya kulitnya kriuk ga?pengen yang kriuk gurih gt..:)

    BalasHapus
  5. Mba ini jadinya berapa pcs?

    BalasHapus