Sabtu, 07 Januari 2012

Proll Tape Singkong



Minggu kemaren iseng-iseng bikin tape dari singkong, beli singkongnya di supermarket Asia. Alhamdulillah baru pertamanya saya membuat tape singkong...dan ternyata berhasil dengan manisnya. Tape singkongnya manis banget, cihuiii...besok2 bikin lagi pastinya, secara disini memang gak akan punya tape singkong kalau gak buat sendiri.

Kepingin makan cemilan kue yang berbahan tape singkong...akhirnya tape singkongnya saya sulap jadi proll tape. Kangen banget sama proll tape, udah lamaaa....sekali gak bikin kue ini.


Proll Tape Singkong
Source: Tabloid Saji, Edisi lama lupaa yang keberapa...
(resepnya saya potongin dibuat klipping)
Modified: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
500-600 gr tape singkong, haluskan buang seratnya
100 gr gula pasir
1/4 sdt garam
3 butir telur
100 gr tepung terigu
1/2 sdt baking powder
100 ml air santan/susu cair (saya lebih suka pakai susu cair, lebih praktis)
100 gr margarin dilelehkan
1 kuning telur kocok lepas untuk olesan
30 gr almond slice/keju parut juga bisa

Cara Membuat:
1. Campur menjadi satu tape singkong, gula pasir, dan garam. Aduk-aduk hingga gula larut, tambahkan telur. Aduk rata kembali.
2. Masukkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata, tambahkan air santan/susu cair dan margarin leleh. Aduk rata kembali.
3. Tuang di loyang kotak ukuran 20x20x4 cm atau 22x22x4 cm yang dioles margarin dan dialasi kertas roti. Olesi dengan uning teur hingga rata. Taburi bagian atas proll tape dengan almond slice.
4. Oven dengan suhu 180'C dengan api bawah selama urang ebih 45-60 menit atau hingga matang dengan permukaan yang berwarna kuning emas kecoklatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar