Minggu, 15 Januari 2012

Soto Mie Ayam


Udara yang dingin semriwing gini jadi bawaannya kepengen maem muluuu...dan sangat males keluar rumah, lebih nyaman dirumah. Tapi mustinya ada menu yang berkuah-kuah hangat gitu.., biasanya suka bikin bakso, sup cream ayam, rawon, atau soto...waah, pasti mantaabb. Atau kadang bikin wedang tape, wedang jahe atau wedang teh juga tiap hari kali...ha ha haaa...

Pikir-pikir bikin bakso dan rawon udah hampir sering laah...gimana kalau sekali-sekali bikin soto mie. Tapi soto mienya pakai daging ayam aja..masalahnya mbak Hasna kurang suka sama daging sapi. Katanya bikin aku sakit gigi...dagingnya suka ikut ribut ngeganggu gigi Hasna, maksudnya nyelip disela giginya..makanya dia paling gak mau kalau udah seperti itu. Okelah sweeties honey...daging sapinya diganti daging ayam tetep enak koq, yang pentingkan ada kuah kaldunya...dan yang pasti bumbu harus kerasa khas soto kan???... :)

Soto Mie Ayam
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 ekor ayam belah jadi 4
1 sdm air jeruk nipis/lemon
10 lembar daun jeruk buang tulang daunnya
3 lembar daun salam
3 batang serai digeprek
3 cm lengkuas digeprek
2500 ml air
2 buah kaldu ayam blok (maggi, knorr)
1 sdm garam (secukupnya)
2 sdt gula pasir (secukupnya)
3 sdm minyak goreng untuk menumis

Bumbu Halus:
10 butir bawang merah
7 butir bawang putih
1 1/2 sdt merica/lada
3 cm jahe kupas
3 cm kunyit
5 butir kemiri
4 buah cabe merah besar buang isinya

Bahan Pelengkap:
150 gr mie kering yang direbus
150 gr bihun diseduh lalu dipotong-potong
10 - 15 buah kroket/risoles kampung
===> Resep kroket kampung bisa dilihat di postingan terdahulu yaitu di *disini*
300 gr kol diiris kasar agak tipis
4 buah jeruk limau/nipis
4 tangkai daun seledri iris halus
2 batang daun bawang iris halus
2 buah tomat sedang iris tipis
Bawang goreng
Kecap manis
Sambel cabe rawit/sambel botol




Cara Membuat:
1. Remas-remas ayam yang sudah dicuci bersih dengan air jeruk nipis/lemon. Sisihkan.
2. Tumis dengan minyak goreng panas bumbu halus hingga matang dan harum.
3. Panaskan air di panci hingga mendidih, masukkan ayam, daun salam, daun jeruk, serai dan lengkuas. Masukkan pula bumbu halus. Rebus lagi hingga air mendidih dan ayam mulai empuk.
4. Masukkan kaldu blok, garam dan gula pasir..aduk-aduk hingga tercampur rata. Cicipi kuahnya..sudah cukup enak belum rasanya, segera ambil daging ayamnya dan goreng diminyak panas sedang. Kemudian setelah daging matang, suwir-suwir daging ayamnya.
5. Sajikan soto mie ayam dalam mangkok bersama bahan pelengkapnya...dan siram dengan kuah panas, hmm...nyam nyam sedaaap. Happy Cooking...

1 komentar:

  1. salam sukses kakak, saya ini kan lagi belajar masak, makanya saya lagi cari cari resep makanan di internet, eh taunya mampir deh ke blog kakak ini, kemaren saya liburan spa vacations sambil jalan jalan ambil paket wisata lombok , saya ada beli oleh oleh khas lombok pada toko yang jual madu asli di pulau lombok tersebut, nah kakak punya gak resep resep makanan, resep kue, atau resep minuman yang berbahan dasar madu atau resep kombinasi yang memakai madu ? terimakasih ya untuk tulisan tulisan kakak yaa.. keep writes

    BalasHapus