Senin, 02 Januari 2012

Chicken 65 (Masakan India)


Whaa...suka banget beli ayam goreng warna kemerahan ini, rasanya agak pedas dan berbumbu rempah khas masakan India, mirip ayam Tandoori tapi tidak dibakar, pula ditambah dengan taburan daun kari yang turut digoreng dengan ayam jadi daun karinya kering kriuk kriuk bisa dimakan sekalian.

Kalau mau beli Chicken 65 sebenarnya sangat mudah, karena disini banyak dijumpai menu ini disetiap rumah makan India, disetiap warteg india pasti tersedia menu ayam 65. Saya suka beli ayam goreng merah ini..di Lulu Hypermart, rasa chicken 65nya juara dan mantab banget...merah dan pedass, garing banget...krezz krezz deh.

Kenapa yaa..disebut Chicken 65 ???...koq bukan Chicken 555 atau 75. Kayak bakpia pathuk 75 aja, ha haa...nggak tahu juga kenapa bisa seperti itu, mungkin dulu ayam goreng ini dijual di rumah makan dengan no rumah 65 kaleee..., dan karena rasanya yang top banget, jadi terkenal deh dengan sebutan Chicken 65...biar mudah mengingat alamat tempat jualannya, hingga sekarang semua rumah makan India menyebutnya juga Chicken 65, wallahua'lam...ini sih sekedar imajinasi dari saya belum tentu benar adanya.

Yang penting sekarang kita coba buat sendiri saja...gampang lho, mau mencoba?, inilah resep dari hasil coba2 saya selama beberapa kali dan akhirnya ketemu deh formulanya (semoga saja cocok yaa..., harap mahfum bukan orang asli Indianya yang masak, he hee...).
Kalau kata anak saya...yang selalu memuji masakan mama-nya paling enak sedunia, "Enak Ma"...Chicken 65-nya udah kayak yang beli di Lulu, kita gak usah beli lagi di Lulu ya Ma..???...hi hi hiii...bisa aja nih anak...


Chicken 65 (Ayam Goreng Merah ala India)
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 ekor ayam potong kecil-kecil
saya suka pakai sayap ayam lalu di potong jadi 2
1 sdm air jeruk lemon
1 genggam daun kari/daun pudina/daun salam koja

Bahan Untuk Marinade Ayam:
3 cm jahe dikupas dihaluskan
5 siung bawang putih dihaluskan
1 sdm cabe bubuk (kalau suka pedas boleh ditambah)
1/2 sdm kunyit bubuk
1 sdt lada hitam bubuk (boleh juga lada putih bubuk)
1 sdm tepung maizena
2 sdm tepung terigu
1 butir telur ukuran sedang
1/2 sdt baking powder
100 gr yogurt plain/tawar
2 sdt garam (secukup rasa)
1 sdt bubuk kaldu ayam
6 tetes pewarna merah (boleh kurang atau lebih)
#Semua bumbu2 diatas campur menjadi satu didalam suatu wadah.

Cara Memasak:
1. Setelah ayam dicuci dan dipotong-potong kecil...lumuri  dan remas-remas dengan air jeruk lemon.


2. Masukkan ayam ke dalam bumbu marinade, aduk-aduk hingga semua ayam terlumuri oleh bumbu. Diamkan untuk beberapa lama, minimal 2 jam atau lebih dalam wadah yang tertutup. Saya lebih suka menyimpannya di dalam lemari es semalaman, agar bumbu lebih meresap ke dalam daging ayam.

#Inilah gambar dari daun kari yang dipakai buat masakan India, banyak dijual di supermarket Asia...di Lulu, Al Bahah, Kabayan...kalau di Indonesia namanya "daun salam koja", sering dipakai untuk masakan Aceh.


3. Jika sudah hendak dimakan, gorenglah ayam dengan minyak panas sedang...dan jangan lupa masukkan daun kari ke dalam ayam yang sedang digoreng. Daun kari nanti akan mengering bersama ayam goreng, angkat ayam gorengnya kalau sudah berwarna merah tua dan kering...pertanda ayam 65 sudah matang.


Hummy...yummy, haruum wangi baunya daun kari dan ayam goreng menggugah selera,...langsung nyomot satu, hupps...panaaasss..?!!

1 komentar: