Sabtu, 07 Januari 2012

Ayam Goreng Kremes Tulang Lunak



Kangen makan ayam goreng tulang lunak, ini judulnya...he hee..., udah lama banget gak bikin ayam goreng presto. Masalahnya sejak tinggal disini saya belum pernah nemu warung yang jual ayam goreng presto, dan lagian saya waktu itu belum beli panci prestonya, alhamdulillah sejak punya panci tekan listrik...jadi rajin deh bikin masakan yang bertulang lunak-lunak. 

Beberapa minggu yang lalu sudah bikin bandeng presto, sekarang mumpung hari sabtu dan keluarga dirumah semua, mau bikin menu agak istimewa ceritanya..masak Ayam Goreng Tulang Lunak dan berkremes-kremes ria, asyiik...pasti bakal laris manis :)

AYAM GORENG KREMES TULANG LUNAK
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan




Bahan:
1 ekor ayam ukuran sedang belah dadanya, lebarkan
1 sdm air jeruk nipis
4 batang serai digeprek
5 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
3 cm lengkuas digeprek
1 sdt ragi instan
1 sdm garam
1/2 sdt gula pasir
2 lembar daun pisang
300 ml air panas

Bumbu Halus:
5 butir bawang merah
5 siung bawang putih
2 cm jahe segar
2 cm kunyit segar
1 sdt ketumbar sangrai
5 buah kemiri sangrai

Bahan Kremesan:
70 gr tepung beras
30 gr tepung sagu/tapioka
300 ml air kaldu sisa dari ayam yang dipresto
===>Jika air kaldu kurang dari 300 ml, tambahkan dengan air matang
1 kuning telur
1/2 sdt baking powder
1 sdt air kapur sirih

Cara Membuat:

1. Remas-remas ayam yang sudah dicuci bersih dengan air jeruk nipis, lalu letakkan ayam dalam suatu wadah dan lumuri ayam dengan bumbu halus hingga rata. Diamkan kurang lebih selama 4 jam.




2. Siapkan panci presto, tata selembar daun pisang sebagai alas..lalu letakkan lagi selembar daun pisang secara bersilangan. Taruh serai berjajar diatas daun pisang, kemudian tata diatasnya lagi dengan daun salam, daun jeruk dan lengkuas.




3. Masukkan ayam yang sudah diperam dan dilumuri bumbu kedalam panci presto, tuangi air panas. Rasakan sudah sesuai belum asin dari kuah ayamnya, jika kurang taburkan sedikit garam. Tutup panci dengan penutupnya. Presto dengan lama waktu kurang lebih 1 1/2 - 2 jam..tergantung kemampuan panci presto masing-masing.




4. Jika sudah selesai waktu prestonya, tunggu hingga panci presto berhenti berdesis...tanda uap panas dalam panci sudah habis keluar. Biarkan ayam didalam panci dingin dulu, baru diangkat dengan memegang kedua ujung daun pisang..ambil ayam yang sudah lunak tulangnya dengan hati-hati. Taruh dipiring datar..lalu potong jadi empat jika ingin ayamnya tidak digoreng secara utuh.
Cara menggoreng ayam, dengan mencelupkan ayam ke dalam kocokan telur atau air yang dicampur tepung bumbu jadi. Ini bertujuan supaya ayam tidak hancur pada saat digoreng.

5. Membuat kremesan ayam: campur semua bahan kremesan menjadi satu dalam wadah, aduk-aduk hingga semua tepung larut dan licin. Rasakan jika kurang asin tambahkan garam. Goreng larutan kremes dengan cara menuangkan sesendok sayur larutan kremes ke dalam minyak goreng yang cukup banyak dan panas secara menyebar mengelilingi minyak goreng.

#Cara memasak kremesan ayam step by step sudah saya jelaskan di postingan terdahulu tentang resep "Sayap Ayam Goreng Kremes Bumbu Ketumbar".
 




6. Simpan kremesan ayam dalam toples, jadi tak repot lagi bikin kremesan..bila sewaktu-waktu masak ayam goreng sudah ada stok kremesan ayam untuk ditaburkan diatas ayam dan nasi hangat, hmm..nyam nyam.. gurih kriukk kriukk.. :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar