Selasa, 13 Desember 2011

Sayap Ayam Goreng Kremes Bumbu Ketumbar



Dalam memasak ayam goreng saya mengandalkan bumbu yang sangat minimalis, kurang suka dengan banyak macam rempah...apalagi membuat bumbu yang harus diuleg, wuah...paling males sedunia..hia ha haa. Makanya saya selalu bikin bumbu ayam goreng yang praktis, tapi untuk rasa sangat enak...menurut lidah kami sekeluarga.

Salah satunya sayap ayam ini, saya hanya memberi bumbu bawang putih dan ketumbar. Semua bahan diungkep terus digoreng..sreng sreng sreng, jadilah...seperti ini. Sisa bumbu ungkep dikasih tepung dan air..terus dibikin kremesan...makinlah gurih citarasa sayap ayam saat dimakan bersama taburan kremes goreng.

Sayap Ayam Goreng Kremes
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
20 buah sayap ayam (1 ekor ayam dipotong 8 buah)
1 sdm air jeruk nipis
1 batang serai
3 lembar daun salam
3 cm lengkuas geprek
1 sdt garam (secukupnya)
1/2 sdt gula pasir
300 ml air panas

Bumbu Halus:
7 siung bawang putih
1 sdm ketumbar sangrai
3 butir kemiri sangrai

Bahan Kremesan:
70 gr tepung beras
30 gr tepung sagu/tapioka
300 ml air matang
1 kuning telur
1/2 sdt baking powder
1 sdt air kapur sirih (abaikan jika gak punya)
sedikit garam bila kurang asin

Cara Membuat:
1. Remas-remas sayap ayam yang sudah bersih dengan air jeruk nipis, campur dengan bumbu halus. Diamkan kurang lebih 15 menit.
2. Lalu masak/ungkep sayap ayam yang sudah berbumbu tersebut, masukkan air panas, daun salam, daun serai, garam, dan lengkuas. Masak hingga ayam mulai matang, aduk-aduk sebentar...masukkan gula pasir.
3. Masak terus hingga air menyusut..dan sayap ayam empuk dan matang. Angkat dan biarkan dingin.
4. Goreng sayap ayam hingga berwarna kuning keemasan, tiriskan dan sisihkan.
5. Membuat Kremesan: Ambil sisa bumbu ungkep sayap ayam, campur dengan air 300ml...lalu saring.
6. Campur menjadi satu bahan kremesan, aduk-aduk hingga tepung dan telur larut menjadi satu. Rasakan bila kurang asin tambahkan sejumput garam.
7. Siapkan wajan dengan minyak yang agak banyak, tunggu hingga panas. Tuangkan 1 sendok sayur larutan kremesan dengan cara memutar sendok sayur diatas minyak panas. Biarkan kremesan matang menyebar didalam minyak, tunggu hingga agak menguning..lalu kumpulkan ketengah dengan serok kecil, sambil dibalik-balik hingga matang, begitu seterusnya..hingga semua habis digoreng. Tiriskan..hingga dingin.


Foto-foto dibawah adalah step by step dalam menggoreng kremesan ayam

Gambar 1. Tuangkan larutan tepung menyebar seperti  dibawah ini:



Gambar 2. Biarkan kremesan menguning dan terkumpul ditengah, lalu lipat kremesan kedalam seperti melipat amplop, goreng hingga kuning keemasan.


Gambar 3. Kremesan sudah matang, membentuk segerombolan sarang semut atau menggumpal seperti dibawah ini...angkat dengan serok penyaring, tiriskan diatas kertas tissue.


8. Kremesan ini bisa disimpan didalam toples yang tertutup rapat untuk beberapa lama waktu, jadi ketika akan makan ayam goreng baru ditaburkan kremesannya...sehingga kremasan ayam tetap garing dan tidak melempem. Hidangkan sayap ayam dengan taburan kremesan,sambel terasi, dan lalapan segar.

Woaa...mantaafff rasanya.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar