Sabtu, 31 Desember 2011

Buffalo Chicken Wing


Chicken wing adalah menu makanan yang banyak dihadirkan oleh gerai-gerai fast food, dan memang banyak sekali yang menggemarinya, karena rasa yang lezat dan gurih meresap hingga ke dalam dagingnya. Kadang dimasaknya mesti ditepungi dan digoreng dulu, ada juga yang lebih menyukai di panggang atau di grill.

Untuk menu buffalo chicken wing ini, saya dirumah sering membuatnya dengan cara sayap ayam dimarinade dengan bumbu racikan yang ada didapur, terus didiamkan semalaman...baru besok paginya dipanggang dalam oven. Ini dia resep yang saya sering pakai untuk membuat sayap ayam panggang :)

Buffalo Chicken Wing
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan


Bahan:
500 gr sayap ayam
1/2 sdm air jeruk lemon
1 siung bawang putih cincang halus
2 sdm kecap inggris
1 sdm saus tomat
1 sdm saus sambel (karena anak-anak suka yang spicy)
1 sdt mustard
1 sdt garam (secukup rasa)
1 sdm paprika bubuk
1/2 sdm gula palem (boleh gula merah/jawa yang disisir halus)
1 sdm margarin dilelehkan (pakai minyak zaitun juga oke aja)

Bahan Saus Cocolan:
100 gr mayones
2 sdm saus tomat
1/2 sdt gula halus
1/2 sdt merica halus
1/2 sdt air jeruk lemon

Cara Membuat:
1. Lumuri sayap ayam bersama air jeruk lemon, bawang putih, kecap inggris, saus tomat...mustard, garam, paprika bubuk, gula palem dan margarin leleh. Diamkan minimal 2 jam dalam lemari es, kalau saya suka menyimpan dalam kulkas selama semalam (12 jam) agar bumbu lebih meresap ke dalam ayam.


2. Siapkan loyang untuk memanggang sayap ayam, lapisi dengan aluminium foil agar tidak mengotori loyang dan sayap ayam tidak lengket diloyang. Olesi loyang yang sudah dilapisi aluminium foil dengan minyak goreng. Letakkan sayap ayam diatas loyang, lalu panggang didalam oven dengan api bawah 170'C kurang lebih selama 30 menit. Sekali sekali dibalik-balik agar tidak gosong, dan olesi dengan bumbu marinade yang masih ada. Jika sudah kuning kecoklatan dan matang segera angkat.


3. Membuat sausnya, aduk rata semua bahan saus dan rasakan sudah cukup enak belum rasanya. jika kurang garam boleh ditambahkan sejumput garam halus. Sajikan sayap ayam bakar bersama sausnya...untuk yang satu ini kami sekeluarga sangat menyukainya, rasanya...perfecto lezaato, he hee...

1 komentar:

  1. Thank you for sharing in this article
    I can learn a lot and could also be a reference
    I hope to read the next your article updates


    Obat Penyakit Jengger Ayam Yang Ampuh
    Obat Penyakit Jengger Ayam Pria
    Obat Penyakit Jengger Ayam Wanita

    BalasHapus