Selasa, 27 Desember 2011

Pecak Terong


Sayuran terong ini sangat banyak sekali dijumpai di supermarket2 sini..di Kuwait maksudnya, secara apapun apa sih yang gak ada disini, selalu ada..ha haa...wong negara super kaya jeeh, wiss...koq jadi nggak genah ngomongnya, ngelantur,,.
Iyaa...terong itu sayuran yang bisa damasak apa aja, disayur lodeh yang pedess..digoreng tepung ala bikin tempura, atau dibakar terus disambelin, dicocol atau dipenyet..oke oke aja. Nikmatlah judulnya...
Sekarang ini saya mencoba memasak terong dengan sambel yang digodog, pake santen...aslinya terinspirasi dari resep pecak ikan tongkol. Ternyata kalau ikan tongkol gak punya bisa diganti dengan sayuran terong, uuwenak tenan..dan malah lebih sehat lagi, sayuran berserat gitu lhooh.. :)

Pecak (Pecelan) Terong
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
3 buah terong ungu yang besar
1 liter air santan

Bumbu Halus:
7 butir bawang merah
5 biji cabe merah besar
 5 biji cabe rawit
1 ruas jari kencur
1 sdt terasi bakar
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1 buah tomat merah ukuran sedang


Cara Memasak:
1. Panggang atau bakar terong yang sudah dipotong-potong diatas panci datar/teflon, bolak balik agar tidak gosong. Sisihkan.
2. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak goreng, aduk aduk hingga layu dan harum baunya. Masukkan air santan, aduk perlahan hingga santan mendidih. Masukkan terong bakar...masak hingga bumbu meresap ke terong, dan kuah mendidih kembali.
3. Rasakan kembali apakah sudah sesuai dengan lidah kita...asin manisnya. Jika sudah...angkat dan segera sajikan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar