Sabtu, 17 Desember 2011

Ikan Bandeng Presto (Duri Lunak)



Sudah lama banget kepingin masak ikan bandeng presto, dulu saat masih tinggal di Cilegon saya sering bikin ayam tulang lunak dan bandeng presto, dirumah punya panci presto yang biasa pakai kompor.
Semenjak tinggal di negeri minyak ini, kendalanya karena belum beli alat prestonya alias panci pressure cooker. Alhamdulillah sekitar dua bulan yang lalu saat jalan2 di toko elektronilk Al-Ghanim sedang ada promo diskon panci presto elektrik, akhirnya oleh juragan kakung (suami) saya dibeliin,...walaah seneng biianget. Bisa bereksperimen lagi dengan panci ajaib ini...




Ini dia penampakan panci presto baru saya yang elektrik, lebih cepat matangnya dan gak berisik selama dipakai buat memasak. Serbaguna lagi...bisa buat slow cooker, keep warm.., masak bubur ayam, atau buat masak tulang iga, ceker ayam bisa juga lunak tulangnya lhoo.. :)






Ikan Bandeng Presto (Duri Lunak)
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan


Bahan:
2 ekor (800 gr) ikan bandeng ukuran besar yang sudah bersih
potong jadi 2 bagian, karena disini ikan bandeng besar2 (ikan bandeng laut)
1 bungkus ragi instan (fermipan, merek lain juga boleh)
750 ml air matang
2 sdm minyak goreng
6 batang daun serai dimemarkan
kalau ada daun pisang untuk alas panci

Bumbu Halus:
5 butir bawang merah
5 siung bawang putih
5 butir kemiri
1 sdt ketumbar
5 cm kunyit
1 sdm garam (kurang lebih, bisa ditambah jika kurang asin)


Bahan Pencelup:
3 butir telur kocok lepas
1 sdt tepung beras
50 ml air matang
1/2 sdt garam

Cara Membuat:
1. Aduk rata bumbu halus dengan ragi instan dan minyak goreng. Oleskan secara merata di seluruh bagian ikan bandeng, hingga rongga badannya. Diamkan kurang lebih 3-4jam.




2. Alasi selembar daun pisang di dasar panci presto, lalu letakkan beberapa batang daun serai diatasnya. Masukkan ikan bandeng berjajar rapi..agar tidak tumpang tindih, kalau ikannya banyak lebih baik setiap ikan dialasi dengan selembar daun pisang. Agar memudahkan bila nanti  diangkat setelah matang. Kemudian tuangi air matang, nyalakan panci presto..masak kurang lebih 2 jam.




3. Setelah matang, biarkan panci presto mendingin dan tidak berdesis, baru buka tutp pancinya. Tunggu sampai ikan bandeng di dalam panci juga dingin. Baru boleh diangkat kalau sudah dingin maksudnya...agar ikan bandeng presto tidak hancur. Angin-anginkan hingga benar2 dingin.




4. Bila akan digoreng, celupkan di larutan pencelup dan goreng hingga matang kuning..garing dan keemasan.
Sajikan dengan sambel terasi dan lalapan, dijamin maknyooss...uenak tenan, bandeng presto bikinan sendiri..


Selamat mencoba...semoga sukses :)

12 komentar:

  1. Mba, itu masak pakai panci presto masih 2 jam jg?

    BalasHapus
  2. Rasanya sama nggak dgn bandeng presto semarang?
    Pgn bikin nih :)
    Tx ya

    BalasHapus
  3. Iya mbak, masaknya selama 2 jam...kan biar empuk tulang dan durinya. Kan saya bilang di dalam tulisan saya...kurang lebih 2 jam, jadi tergantung panci prestonya, dan jumlah ikan yang dipresto. Semakin banyak ikan di dalam panci, semakin lama proses pemasakan hingga ikan matang dan lunak tulangnya.

    Mbak...untuk rasa tergantung bumbunya ya, menurut saya sih sudah mirip koq dengan bandeng presto ala semarang, mirip karena sudah sama2 lunaknya...dan tinggal buat sambel goreng trasinya yang pedass...mantaff deh :)

    BalasHapus
  4. Mbak ,
    Berapa banyak airnya?
    Saat dalam presto,apakah ikan direndam dalam air atau ditaruh di atas saringa (tidak terendam air)?
    Terima kasih

    BalasHapus
  5. Jumlah air sudah ada di resep itu mbak, sekitar 750 ml. Gak perlu pakai saringan mbak...ikan dialasi daun pisang dan airnya merendam ikannya, jumlah air gak perlu banyak2...karena air di dalam panci presto akan naik sendiri krn proses tekanan udara dan uap air selama di panaskan, dan air di dalam panci presto selama dimasak tidak akan banyak mengalami penyusutan/kering.

    BalasHapus
  6. Mba Ita, sy udah 3 (ini yg ke empat) kali nyobain bikin bandeng presto pake resep ini. Hasilnya OkEbanget. Suami sy yg pada dasarnya ga suka ikan aja mau makan bandeng prestonya. Makasih yaa mba.

    BalasHapus
  7. Guna ragi instan untuk apa ya?!?
    Trims ;-)

    BalasHapus
  8. Irma Cahyanto...ragi instan digunakan agar ayam tidak mudah hancur dan tulangnya cepet empuk setelah di presto.

    BalasHapus
  9. wuih enak... lebih enak lagi kalo dalam penyajiannya di taburi abon bandeng bisa mak nyuss

    BalasHapus
  10. Udah nyobaa mba itha ,,,,,,,katas suamiku maknyooooos....ini mau bikin lagiihh hehgere thanks ya mba resepnya

    BalasHapus
  11. Wah...senengnya sudah sukses buat bandeng presto yg lezat, apalagi suaminya mb Zahara suka...

    BalasHapus
  12. Bagi yang ingin membuat ayam/bebek tulang lunak, bandeng duri lunak dll saya menjual panci presto ukuran rumah tangga (12 dan 16 liter) berbahan gas LPG. Memasak ayam tulang lunak dengan alat ini hanya 65 menit (garansi uang kembali). Silahkan klik www.super-presto.com. Terima kasih

    BalasHapus