Kamis, 08 Desember 2011

Bakpao Kacang Hijau Pandan



Mencoba buat bakpao lagi, tapi saya gak punya mentega putih (shortening) dan tepung tangmien. Belum menemukan tepung tangmien (wheat starch) di Kuwait. No problem...tepung tangmien diabaikan saja, pakai tepung terigu semua tak apalah. Sebenarnya fungsi dari tepung tang mien disini adalah untuk membuat tampilan bakpao lebih kinclong dan putih bersih, tak lebih memberi efek lain. Lha nenek-nenek kita jaman dulu juga gak pakai tepung tangmien buktinya bakpaonya jadi juga, mlembung menul-menul jeeh...

Bahan-bahan yang tersedia di dapur sudah ready to cook...koleksi resep dapur siap, akhirnya jatuh ke resep bakpao kacang hijau dari buku Kue-kue Laris Dijual (dari Majalah Sedap). Hasil akhirnya meski tanpa tepung tangmien teteep...nikmat, empuuk dan lembut koq..nih dia resepnya.

Oh iya, saya juga mohon maaf bila fotonya kurang apik..ini hanya asal jepret pakai camera hp, maunya biar praktis dan cepet aja prat prett, bukan pakai camera digital...karena lebih banyak malesnya ambil camera besar di tempat penyimpanan. Harap memaklumi... :)


Bakpao Kacang Hijau Pandan
Source: Kue-kue Laris Dijual Majalah Sedap
Modifikasi: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Bakpao:
250 gr tepung terigu
50 gr tepung tang mien (saya ganti dengan 50 gr tepung terigu).
50 gr gula halus
20 gr susu bubuk
1 sdt ragi instan
1 sdt bread improver (pelembut roti, jika gak ada abaikan)
1/2 sdt baking powder
1 putih telur
130 ml air hangat
50 gr margarin/butter/minyak goreng
1/2 sdt garam halus
1/2 sdt pasta pandan dan beberapa tetes pewarna hijau

Bahan Isi:
150 gr kacang hijau yg sudah dikupas kulitnya
2 lembar daun pandan
120 gr gula pasir
1/2 sdt vanili bubuk
1/4 sdt garam halus
50 ml santan kental instan
1 liter air putih

Cara Membuat:
1. Membuat isi: rebus kacang hijau dengan 1liter air bersama pandan sampai empuk dan kacang hijau mulai pecah2. Masukkan gula pasir, garam halus, vanili bubuk, aduk aduk terus sampai air menyusut.
2. Masukkan air santan, kembali aduk aduk sampai adonan kacang hijau mengental...dan air menyusut kering. Sisihkan.
3. Membuat kulit bakpao: campur tepung terigu, gula halus, susu bubuk, ragi instan, bread improver dan baking powder, aduk rata (saya memakai bread maker untuk mengadoni dough bakpao ini).
4. Tambahkan putih telur dan air hangat sedikit sedikit sampai kalis, masukkan butter dan garam, pasta pandan dan pewarna hijau, uleni adonan kalis. Lalu diamkan adonan selama 60 menit.
5. Kempiskan adonan, timbang masing-masing 30 gr. Bentuk bulat, diamkan selama 10 menit dan jangan lupa ditutup plastik agar adonan yg sudah dibulatkan tidak kering.
6. Pipihkan adonan yg sudah didiamkan selama 10 menit tadi, lalu beri isi kacang hijau yg sudah dibentuk bulat kecil, bentuk bulat kembali, lalu letakkan diatas kertas roti. Diamkan selama 30-45 menit atau hingga mengembang dua kali lipat, jangan lupa ditutup plastik agar tidak kering.
7. Setelah mengembang, kukuslah didalam panci pengukus dengan api sedang. Jangan mengisi bakpao banyak-banyak di dalam kukusan...maksimal 5 buah saja (jika kukusannya kecil). Karena kalau terlalu banyak bakpao kurang bagus mengembangnya. Tutup panci pengukus bungkus dengan serbet bersih, agar uap air tidak menetesi bakpao. Kukus selama 10 menit, angkat dan sajikan hangat.

Selamat Mencoba...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar