Senin, 12 Desember 2011

Bothok Lamtoro (petai cina)



Sengaja waktu mau kembali dari mudik lebaran bawa bekal bahan2 masakan yang di Kuwait gak ada, salah satunya tak lupa dengan petai cina/lamtoro, juga kelapa muda yang sudah diparut (dikukus dulu, terus dipacking dengan plastik kedap udara, dimasukkan freezer seharian, dimasukkan koper...sampai Kuwait dlm perjalanan 12 jam its okk...masih tetep fresh, sampai rumah langsung di masukkan kembali ke freezer). Begitu juga kalau memperlakukan sayur2an, atau bahan2 yang sekiranya dikuatirkan basi dalam perjalanan, lebih baik dikukus dan dipacking dulu seperti diatas, InsaAllah selamat... :)

Karena saya sangat menggemari masakan satu ini, jadi hampir sering dirumah membuat masakan bothok lamtoro, biasanya dihidangkan dengan sayur asem bening ala daerah saya. Dan tak lupa sambel terasinya..sedaaap, nikmaat...yuk kita ngadoni bothok:

BOTHOK LAMTORO
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
200 gr petai cina/lamtoro
100 gr tempe, kukus dulu dan potong2 kecil
75 gr teri medan/teri nasi
100 gr daun singkong rebus iris halus
250 gr kelapa muda parut panjang
100 ml santan kental
10 lembar daun salam
2 ruas lengkuas di iris tipis2
1 sdt garam/secukup rasa
1 sdt gula merah/gula pasir
20 buah cabe rawit merah utuhkan
daun pisang buat membungkus

Bumbu Halus:
3 buah cabe merah besar
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
seruas jari kencur
1/2 sdt terasi bakar (jika suka)
50 gr tempe semangit (yang sudah agak busuk) dikukus dulu
===> Saya lebih suka pakai tempe semangit ini, aroma bothok lebih makjreng..harumnya beda.

Cara Membuat:
1. Campur bumbu halus dengan santan kental, masukkan petai cina, tempe, teri nasi, dan kelapa parut, garam dan gula merah/gula pasir..lalu aduk sampai rata. Dirasakan sudah pas belum garamnya...jangan sampai keasinan.
2. Siapkan daun pisang dan lidi/tusuk gigi, alasi selembar daun salam dan seiris lengkuas. Letakkan 1 sendok makan penuh adonan bothok, beri 2 buah cabe rawit, lalu bungkus tum dan sematkan dengan lidi.
3. Kukus hingga matang selama kurang lebih 30 menit. Angkat dan hidangkan sesaat masih hangat...hmm, pasti nafsu makan langsung melunjak.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar