Kamis, 08 Desember 2011

Misua Goreng


Untuk acara pengajian, dapat jatah piket membuat kue yang asin...bikin apa ya?, yang belum pernah ditampilkan di acara pengajian...lihat-lihat di gudang dapur ada misua yang sudah lama dianggurin aja. Ya sudah aja...diberdayakan, resepnya sebenarnya asal cemplung-cemplung saja. Tapi karena sudah biasa bikin...jadi bisa saya bakukan resepnya (mirip resep saya "Tahu Ceria", hanya tahunya di ganti dengan misua).

Misua Goreng
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
225 gr (1 pack) misua direndam air mendidih 3 menit, tiriskan
50 gr wortel parut
50 gr kacang polong beku
100 gr jamur merang kalengan dicincang
100 gr udang cincang/ikan tuna kaleng
4 butir telur
1 batang daun bawang cicincang
2 batang daun seledri dicincang
1 sdm tepung maizena
1 sdt kaldu bubuk rasa ayam
1 sdt garam atau secukup rasa
1 sdt lada bubuk

Bumbu Halus dan ditumis dg sedikit minyak goreng:
5 butir bawang putih
5 butir bawang merah

Bahan untuk paniran:
2 butir telur atau
boleh juga 3 putih telur ditambah 5 sdm air dikocok lepas
100 gr tepung panir

Inilah penampilan dari si misua yang sedang direndam air mendidih, misua merek ini  yang sering saya gunakan untuk memasak di dapur. Misua ini made from Philipina...banyak dijual disini, di supermarket Sultan dan supermarket Asia lainnya..seperti Al Bahah, Kabayan, dan Ambassador di City.

Cara membuat:
1. Campur semua bahan menjadi satu..aduk2 sp tercampur rata..tambahkan bumbu tumisan, rasakan sudah cukup enak apa belum.
2. Siapkan loyang anti panas..olesi dg minyak goreng dan alasi dg plastik..kemudian oles lagi plastiknya dg minyak goreng biar gak lengket, tuangkan adonan misua...atau bisa dicetak dengan cetakan kue talam, jadi lebih cantik penampakannya.... (saya pakai cetakan plastik kue talam).
3. Kukus hingga matang kurang lebih 1/2 jam, angkat biarkan dingin.
4. Potong2 bentuk kotak jika dikukusnya tidak pakai cetakan kue talam..celupkan di telur, masukkan ke tepung panir..lakukan sampai selesai..lalu goreng. Hidangkan dengan sambel botol... yum yummy... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar