Minggu, 25 Desember 2011

Brownies Labu Kuning



Di rumah persediaan labu kuning selalu ada di dalam kulkas, sudah dalam bentuk dikukus dan disimpan dalam box kedap udara...jadi bila sewaktu-waktu dibutuhkan sudah ready to cook and bake. Biasanya labu kuning atau waluh ini dibuat untuk bikin bubur putri kecil saya yang masih 8 bulan. Maisaa namanya...sukaa banget kalau disuapin bubur waluh, rasanya manis dan aromanya khas... :)

Naah...saat ini saya mencoba memadukan labu kuning ke dalam resep brownies, hasil uji coba dan utak atik beberapa waktu lalu di dapur kecil saya akhirnya membawa hasil yang memuaskan, brownies waluh sudah bisa dicicipi...rasanya enak, legit dan lembut...aroma coklat dan labu kuning ternyata cocok juga bila dikombinasikan.

Dan bahkan jika ingin brownies labu kuning yang di kukuspun bisa lho...resepnya sama dengan bila mau brownies waluh yang di panggang. Satu resep bisa disulap jadi brownies panggang atau brownies kukus, tentunya dua-duanya sama enaknya...hanya beda perlakuan saja, tinggal milih suka yang mana?
Kalau ingin mencoba resepnya, ini dia..silakan disimak dan dicoba:




Brownies Labu Kuning
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
100 gr mentega/margarin
150 gr Dark Cooking Chocolate di potong-potong
3 butir telur
150 gr gula pasir
100 gr tepung terigu
20 gr coklat bubuk
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt garam halus
200 gr labu kuning kukus, dihaluskan

Cara Membuat:
1. Panaskan mentega dengan api kecil, masukkan potongan coklat masak pekat (DCC), aduk aduk sampai coklat leleh dan larut didalam butter. Sisihkan
2. Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang. Tambahkan tepung terigu, baking powder, vanili bubuk dan garam halus yang sebelumnya sudah diayak atau disaring, aduk aduk hingga rata.
3. Masukkan campuran margarin sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk perlahan. Tambahkan labu kuning..lalu aduk lagi hingga tercampur rata.
4. Tuang ke dalam loyang ukuran 22x22x4 cm yang sudah diolesi margarin dan dialasi kertas roti.
5. Oven dengan suhu 180'C kurang lebih 40 menit, atau sampai matang tergantung panas oven masing2.




#Note:
Bila ingin brownies labu kuning tidak dipanggang, bisa juga dikukus,  boleh dicetak bentuk cup cake (saya lebih suka bentuk cup cake lebih funny dan menarik)... atau dikukus langsung di loyang kotak seperti biasanya, tinggal mempersiapkan loyang ukuran 20x20x7cm yang dolesi minyak dan dialasi plastik yang dioles minyak pula. Kukus setengah bagian selama 10 menit, dan jangan lupa tutup panci dilapisi dengan serbet bersih..agar uap air tidak menetes di kue yang sedang dikukus. Boleh ditaburi coklat messes diatas lapisan kukusan pertama, lalu tuangkan sisa setengah adonan lagi dan kukus selama 20 menit hingga matang. Jika sudah matang, angkat..biarkan brownies kukus dingin dulu, baru dipotong potong dan dihidangkan.. :)

2 komentar:

  1. Waah, sepertinya memang enak ya waluh legit berpadu coklat...ijin contek resep ini yaa mbak...nanti saya tautkan ke sini resepnya kalau posting.salam kenal dan terima kasih banyak:-)

    BalasHapus
  2. Ini resepnya udah saya coba, ternyata jadinya adonannya agak encer ya mb.. Tp emang endesss 👌

    BalasHapus