Jumat, 16 Desember 2011

Pecak Ikan Tongkol


Dalam hal masak memasak di dapur saya suka resep masakan yang simpel, sederhana...praktis, tidak perlu lama2 memasak dengan bumbu2 yang ada atau seadanya di dapur, namun yang penting hasil olahan uplek2nya berasa nikmat dan lezat, hi hiii...ya iyalah emang seperti itu harusnya..
Resep pecak ikan tongkol ini saya peroleh dari seorang teman walisantri Pondok Gontor yang berasal dari Demak, kebetulan waktu itu beliau posting masakan ini di Fb...kelihatannya enaaak banget, saya jadi kepingin nyicipi. Saya tanya ke beliau itu masakan apa...namanya "Pecak Ikan Tongkol Asap",
Apa mau dikata...kalau pingin pecak ikan ya musti masak sendiri, kecuali kalau saya mau datang ke Demak..silaturahmi ke rumah beliau, pasti disuguhi masakan ini deeh..."ngarep2 tenan".. :)


Alhamdulillah pada akhirnya saya memegang resepnya, ternyata sangat sederhana bumbu2nya..dan gampang serta cepat memasaknya...apalagi rasanya bener2 muantaff, pokoke enak tenan...bisa jadi menu andalan baru.
Pecak ikan ini bahan bakunya ikan tongkol asap,  tapi disini kan gak ada ikan tongkol asap. Itulah kenapa makanya saya musti membuat ikan tongkol segar menjadi ikan pindang dulu seperti yang dijual di pasar. Baru setelah itu saya panggang diatas wajan datar anti lengket yang biasa buat manggang ikan..dibolak balik biar matang, dengan maksud supaya ada bau2 asep ikan panggang, bisa aja deeh...
Kalau di pasar2 di Indonesia sih ikan tongkol asap atau ikan tongkol pindang banyak diperoleh, gak perlu repot2 bikin sendiri.

Pecak (Pecelan) Ikan Tongkol
Resep: Keluarga Bpk Shonhaji Ahmed di Demak
Telah disesuaikan oleh: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 kg ikan tongkol asap/ikan pindang
1 liter air santan

Bumbu Halus:
10 butir bawang merah
6 biji cabe merah besar (resep asli memakai cabe rawit)
1 ruas jari kencur (resep asli tidak pakai kencur)
1 sdt terasi bakar
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1 buah tomat merah (resep asli tidak pakai tomat, untuk memberi rasa asam)

Cara Memasak:
1. Goreng dulu ikan tongkol asap/ikan pindang dengan minyak panas sampai matang dan kering. Sisihkan.
2. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak goreng, aduk aduk hingga layu dan harum baunya. Masukkan air santan, aduk perlahan hingga santan mendidih. Masukkan ikan tongkol...masak hingga bumbu meresap ke ikan tongkol, dan kuah mendidih kembali.
3. Rasakan kembali apakah sudah sesuai dengan lidah kita...asin manisnya. Jika sudah...angkat dan segera sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar