Minggu, 18 Desember 2011

Kue Cantik Manis Hun Kwe


Jajanan tradisional ini salah satu yang sangat saya sukai waktu kecil, sering sekali ibu membuatnya. Kalau dulu ibu bikin kue ini dengan isian pisang kepok rebus dan dibungkus daun pisang.  Hampir mirip kue nagasari..tapi bahannya dari tepung hun kwe.
Rasa kue ini manis dan harum bau daun pandan, dan semakin cantik bila didalamnya ditambahkan mutiara sagu warna warni atau pacar cina rebus, apalagi dengan dimasukkannya nangka yang dipotong kotak kecil2..ehm ehmm, makin wangi dan nikmat aroma kue yang sudah cantik dan manis ini...resepnya saya ambil dari koleksi buku resep di rumah "Kumpulan Resep Femina, Kudapan dan Dessert", dengan sedikit disesuaikan dengan lidah siempunya dapur tentunya.. :)

Kue Cantik Manis
Source: Kumpulan Resep Femina, Kudapan dan Dessert
Modified: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
100 gr biji delima/pacar cina (saya menggunakan biji mutiara sagu)
1300 ml santan
1 sdt garam
1/2 sdt vanili bubuk
250gr gula pasir
1 lembar daun pandan simpulkan
125 gr tepung hun kwe (1 pack)
175 gr nangka , potong kotak2 kecil
daun pisang/plastik




#Foto diatas merek tepung hun kwe yang saya pakai, bawaan dari Indonesia. Sedang disebelahnya itu adalah biji mutiara dari tepung tapioka produksi Thailand.
Cara memasaknya biji mutiara direbus hingga warnanya bening, kemudian tiriskan...rendam dalam air dingin dan beri beberapa tetes pewarna sesuai selera.

Cara Membuat:
1. Didihkan air secukupnya, rebus biji delima, atau biji mutiara sagu sambil diaduk sampai matang, siram dengan air matang dingin, tiriskan
2. Rebus 1000 ml santan bersama garam, gulapasir, vanili bubuk dan daun pandan sambil diaduk-aduk sampai santan mengental, kecilkan api.
3. Campur sisa santan (300 ml) dengan tepung hun kwe hingga rata.
4. Tuang larutan hunkwee ke dalam santan mendidih sambil diaduk-aduk hingga mengental. Masukkan biji delima atau biji mutiara sagu dan nangka, aduk rata, angkat.
5. Bungkus adonan selagi dalam keadaan panas dengan selembar daun pisang atau plastik, dan rapikan, kemudian dinginkan. Siap untuk disajikan..."happy cooking"...

3 komentar:

  1. kue nya cantik nih, cocok buat dibawa kerumah mertua :). cara membuatnya juga mudah, mau coba juga..

    BalasHapus
  2. silahkan mbak...mudah buatnya dan enak rasanya

    BalasHapus
  3. Mbak, saya masih kesulitan membungkus kue hunkue karena bila terlalu lama membungkusnya maka hasilnya tdk bisa licin, tapi berongga-rongga dan tidak menarik.
    Apakah harus panas-panas sekali membungkusnya ? tetapi bila panas - panas membungkusnya maka daun pisang ( saya membungkusnya dgn daun pisang ditambah isian pisang ) nya berkerut kena panas, sedangkan saya pernah membeli kue ini tetapi daun pisangnya tdk berkerut sama sekali.
    Thx

    BalasHapus