Sabtu, 10 Desember 2011

Tape Ketan Hitam


Cara membuat tape ketan hitam sebenarnya tidak jauh beda dengan tape ketan hijau pandan yang pernah saya buat. Hanya saja bedanya dari bahannya, ketan hitam itu lebih keras, jadi musti direndam sehari semalam. Juga dalam pembuatannya saya campur dengan ketan putih, jadi perbandingan ketan hitam dengan ketan putih adalah  1:1.
Cara merendam ketannya, ketan hitam direndam dulu selama 22 jam, setelah itu masukkan ketan putihnya kedalam rendaman ketan hitam, setelah 2 jam...ketan putih akan berubah warna menjadi hitam kemerahan. Ini bertujuan agar tape ketan yang sudah jadi nanti tidak keras dan nglenis (bahasa jawanya, bahasa indo-nya apa yaa..kalau dikunyah terasa kletes-kletes gitu, ..he hee..).

Tape Ketan Hitam
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
500 gr ketan hitam
500 gr ketan putih
600 ml air mendidih
15 gr (2 keping ragi tape)
20 gr gula halus

Cara Membuat:
1. Setelah ketan hitam dan ketan putih direndam seperti yang saya ceritakan diatas, tiriskan. Lalu kukus di dandang pengukus sampai setengah matang. Angkat...taruh d tempat/panci lain, siram-siram dengan air mendidih sambil di aduk-aduk hingga air terserap.
2. Kukus kembali ketan hitam kedalam dandang pengukus sampai matang, lalu angkat dan dinginkan.
3. Tempatkan ketan di dalam kotak/box tupperware yang ada tutupnya selapis, taburi ragi dengan saringan teh, taburi gula halus, lalu lapisi lagi dengan sisa ketan hitam, taburi ragi dan gula halus, begitu seterusnya sampai ketan hitam habis, terakhir taburi atasnya dengan ragi dan gula. Tutup kotak/box-nya... lupakan sejenak, tunggu sampai 3 hari...tape ketan hitam InsaAllah mateng sempurna :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar