Rabu, 14 Desember 2011

Garang Asem Ayam



Garang asem ayam ini merupakan menu favorit di keluarga besar saya di kampung, ibu saya sangat sering membuat masakan ini. Kata orang2 yang dekat dengan almarhumah ibu, masakan garang asem ibu sangat enak sekali...makanya jadi menu andalan di rumah kami.

Resep garang asem ibu sangat sederhana saja, dan tidak rumit dalam membuatnya. Yang penting jangan sampai tidak pakai belimbing sayur/belimbing wuluh. Dan kebetulan di rumah kami punya pohon belimbing wuluh dihalaman belakang.

Satu lagi, garang asem biasanya musti dibungkus dengan daun pisang. Untuk kepraktisan dan pengiritan daun pisang, saya tidak membungkus garang asem, tetapi memakai pinggan tahan panas yang dialasi daun pisang. Bau daun pisang saat dikukus sudah mewakili koq..jadi gak dibungkus daun pisangpun tetep oke sayur garang asem saya.

Yang repot sekarang, karena tinggal jauh dari kampung...apalagi di Timur Tengah ini tidak ada buah belimbing sayur. Sebagai pengganti belimbing wuluh, saya mengganti dengan air asam yang disaring.
Rasa garang asem yang saya buat juga gak beda tajam koq..meski gak pakai belimbing wuluh, tetep enak dan nyamleng...he hee, memuji diri sendiri... :)


Garang Asem Ayam
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 ekor ayam  cuci bersih, di potong kecil2 jadi 12 potong
beberapa lembar daun pisang buat alas pinggan
3 lembar daun salam
5 cm lengkuas potong tipis2
10 biji cabe rawit merah utuh (kalau suka pedas boleh dilebihkan)
3 buah tomat hijau potong2
 (jika tak ada, saya pakai tomat setengah matang agak merah...susah cari tomat hijau)
5 mata asam jawa direndam 1/2 gelas air panas, biarkan larut lalu saring
1 butir telur kocok lepas, sisihkan
1 liter santan tidak usah terlalu kental/sedang saja kekentalannya
1 sdt garam (secukup rasa)
1/2 sdt gula pasir (sesuai selera)

Bumbu Iris:
7 butir bawang merah iris tipis
5 siung bawang putih iris tipis

Cara Membuat:
1. Siapkan pinggan tahan panas, lalu lapisi bagian alasnya dengan daun pisang. Letakkan daun salam, dan lengkuas diatasnya.
2. Campur menjadi satu ayam yang sudah di potong kecil2, dengan garam, gula, bawang merah, bawang putih, biarkan kurang lebih 30 menit agar bumbu meresap. Lalu masukkan ayam ke dalam pinggan tahan panas tsb, taburi tomat potong, cabe rawit merah, air asam, santan dan kocokan telur.
3. Kukus dengan api sedang sampai matang kurang lebih 1 jam...rasakan jika kurang asin bisa ditambahi garam, atau gula jika kurang ada rasa manisnya. Kalau sudah matang dan ayam empuk angkat...hidangkan hangat2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar