Senin, 05 Desember 2011

Tekwan




Tekwan/Bakso Ikan khas masakan dari Palembang, sengaja dibuat kemaren untuk acara arisan bulanan ibu2 Equater/Ibe'Qs...karena request hidangan yg segar2, ya udah jadinya bikin yang kayak gini deeh.
Alhamdulillah, tekwannya laris manis... :)



TEKWAN
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan biji tekwan/bakso ikan:
500 gr ikan tenggiri
4 putih telur diambil dari 4 butir telur
250 ml air es
3 siung bwg putih haluskan
1 sdm garam/secukup rasa
1/2 sdm gula pasir
350 gr tepung tapioka/sagu tani

Untuk Kuahnya:
3 liter air
2 kotak kaldu blok rasa ayam
2 sdm kecap asin

Bumbu yg harus dihaluskan:
10 siung bawang putih
6 siung bawang merah
1 sdm merica
1 sdm garam
1/2 sdm gula pasir
2 sdm udang ebi direndam air panas

Pelengkap kuah:
jamur kuping direndam air panas
kembang sedap malam direndam air dingin lalu ditali simpul
bengkuang iris spt batang korek api/memanjang
soun rendam air panas
daun bawang iris halus
daun seledri iris halus
bawang goreng
kecap manis
sambel cabe rawit

Cara Membuat:
Membuat biji tekwan:
1. Campur ikan tenggiri putih telur, bawang putih halus, dan air es setengahnya (150 ml) menjadi satu, kocok atau putar dg food processor sampai daging ikan halus.
2. Masukkan garam, gula dan sisa air yg setengahnya, kocok lagi hingga tercampur rata.
3. Keluarkan adonan daging ikan dari Food Processor, letakkan pada baskom/bowl yg agak besar lalu campurkan dengan tepung tapioka sedikit2 sambil diaduk dengan tangan sampai tercampur rata dan tepung habis.
4. Ambil adonan 1 sendok teh, bentuk bulat pipih..rebus ke dalam air mendidih hingga mengapung berarti tandanya sudah matang. Angkat dan tiriskan..lakukan hal yg sama hingga adonan habis.

Membuat Kuah:
1. Tumis bumbu halus hingga harum, aduk2 hingga berubah warna.
2. Masukkan bumbu tumisan kedalam panci yg berisi air, rebus air hingga mendidih, masukkan kaldu blok dan kecap asin...aduk2 dan rasakan sudah sesuai selera belum...asin gurihnya.
3. Masukkan biji tekwan ke dalam kuah yg mendidih, tunggu sampai mengapung..lalu hidangkan dengan pelengkapnya.

2 komentar:

  1. mbk mf sy mo tany knapa tekwannya telurny pake yg putihnya saja kalw pempek khn pake smuany telurny...mksh

    BalasHapus
  2. maaf nih mb agustie, saya telat bacanya...semoga mb agustie baca balasan ini.
    kenapa cuma pakai putih telur aja, karena untuk mendapatkan hasil biji tekwan/bakso ikan yang lembut dan kenyal. jadi fungsi putih telur itu membuat adonan tekwan jadi lebih kenyal tapi tetap lembut. kalau kuning telurnya diikutkan juga sebenarnya gak masalah...tapi biji tekwan jadi kurang kenyal, karena kuning telur itu membuat adonan menjadi lembek/empuk. begitu kiranya mb agustie...semoga bermanfaat.

    BalasHapus