Sabtu, 10 Desember 2011

Cake Karamel (Sarang semut)



Dalam pembuatan resep cake karamel ini saya memakai takaran gelas belimbing sesuai dengan resep warisan dari catatan resep almarhumah ibu. Dulu, ibu dan mbakyunya ibu (bude saya) sering sekali membuat cake sarang semut ini disetiap ada acara atau kegiatan ibu2 di RT atau di kelurahan. He he hee...

Mungkin jamannya almarhumah ibu saya cake ini favorit dan udah paling top gitu kali. Itu yang sangat saya ingat karena saat itu saya masih kecil, masih di sekolah dasar. Lha... koq malah cerita masa kecil, he heee..ya sudah yuk kita tulis resepnya.
Kalau mau dikonversikan ke gram, silakan timbang sendiri saja...lain waktu saya akan tuliskan resepnya dalam versi timbangan (gram). Karena ini resepnya harus pake ukuran gelas belimbing, namanya juga resep jadul..jaman dulu kala.. :)


CAKE KARAMEL (Sarang Semut)
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
2 gelas air putih
2 lembar daun pandan
5 lembar daun jeruk
===> Masak air putih dengan daun pandan daun jeruk hingga mendidih dan ukur menjadi 2 gelas untuk membuat karamel
2 gelas gula pasir
1/2 kaleng susu kental manis
5 sdm margarin/mentega (saya suka pakai blue band aja)
2 sdt soda kue
1 sdt vanili bubuk
6 butir telur
1.1/2 gelas tepung terigu

Cara Membuat:
1. Buat gula karamel: masak gula diatas panci anti lengket (teflon) dengan api kecil...tunggu sampai kelihatan gula mulai menguning dan berkaramel, tuangkan air panas pelan2..sementara menuangkan air panas matikan api kompor. Aduk aduk sampai gula larut, kembali nyalakan api kompor..masak karamel hingga seluruh gula larut. Angkat..matikan api kompor. Dinginkan...
2. Kocok susu kental manis, margarin, vanili bubuk, vanili bubuk dan soda kue dengan memakai garpu saja.
3. Kocok telur ayam secara terpisah dan tidak menggunakan mikser, tapi gunakan wisk saja.
4. Masukkan kocokan susu kental manis dan margarin  ke dalam kocokan telur sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata dengan wisk.
5. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diayak hingga tercampur rata. Aduk-aduk dengan wisk.
6. Masukkan cairan gula karamel, aduk hingga rata dengan wisk, biarkan adonan istirahat kurang lebih 15 menit agar ada kesempatan adonan menangkap udara sehingga nanti cake akan bersarang bagus. Sambil menunggu waktu...nyalakan oven dulu.
7. Olesi loyang tulban ukuran diameter 22 cm dengan margarin dan taburi tepung terigu, masukkan adonan dan oven dengan suhu 170'C kurang lebih selama 45-60 menit.

Happy Baking...dan semoga sukses :)

1 komentar: