Jumat, 23 Desember 2011

KUE SUS VLA NUTELLA



Kue sus adalah sejenis pastry lembut dengan berbagai isian yang manis ataupun asin. Sama2 terasa enak...tergantung selera kita untuk membuat isiannya. Bisa dicetak bulat seperti sus klasik atau memanjang/eclair...dicetak memakai sendok saja atau menggunakan spuit bintang akan lebih menarik karena akan timbul motif di permukaan kue sus.

Awal sekali membuat kue sus dulu resepnya dari majalah Sedap Pemula, tapi maaf lupa edisinya kapan, wong udah lama banget. Saat saya masih tinggal di Cilegon Banten dan masih timak timik belajar...baking, cooking dengan mencontek dari berbagai macam buku, tabloid, dan majalah koleksi resep yang banyak saya simpan di rumah.

Alhamdulillah seiring rentang perjalanan waktu pada akhirnya bisa juga membuat kue sus yang mampu diandalkan kualitas rasanya, setelah berkali2 melakukan eksperimen dan menguji coba...mengutak atik resep kue ini. Jadilah kue sus yang lembut kulitnya namun tetap kokoh setelah dingin. Resep dibawah ini setelah saya sedikit renovasi dari resep aslinya.

Oh iya...maaf juga bila fotonya kue sus diatas kurang perfect, agak burem dan apa adanya tanpa editing mohon dimaklum...hanya pakai henpon dan asal jepret aja. Keburu-buru ngurusin kerjaan rumah yang lain...yang penting ada gambar dan resepnya itu yang utama, hehee...


KUE SUS (Choux Pastry)
Modified: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Kulit Sus:
200 ml air
100 gr margarin/butter
120 gr tepung terigu
1/2 sdt garam
1/4 sdt gula pasir
4 butir telur ukuran sedang (200 gr setelah dipecah dr kulitnya)

Bahan Vla Nutella:
500 gr susu cair
60 gr gula pasir
20 gr tepung custard
10 gr tepung maizena
50 gr cream chocolate nutella
1 kuning telur
1/4 sdt garam


Cara Membuat Kulit Sus:
1. Masak air didalam panci hingga mendidih, masukkan margarin/butter, gula pasir dan garam. Aduk hingga margarin leleh dan mendidih.
2. Tuangkan tepung terigu dan kedalam air yang mendidih, kecilkan api kompor sambil aduk adonan cepat-cepat dengan sendok kayu sampai adonan campur dan kalis. Angkat sisihkan biarkan uap panas menghilang, tunggu sampai agak dingin..(adonan menghangat).
3. Masukkan telur kocok sedikit demi sedikit kedalam adonan sambil di mixer atau diaduk pakai sendok kayu, sampai adonan menjadi rata dan halus.
4. Siapkan loyang untuk memanggang kue sus, olesi loyang tipis saja dengan margarin. Kemudian masukkan adonan ke dalam plastik piping bag cetak dengan spuit bintang diatas loyang, beri jarak agak lebar kurang lebih 3 cm agar nanti saat dioven kue sus tidak saling menempel.
5. Oven dengan suhu tinggi sekitar 200'C, selama 25-35 menit, tergantung panas oven masing-masing. Selama mengoven jangan dibuka-buka sebelum koe sus matang, bisa berakibat fatal..kue sus akan mengempis sebelum matang sempurna.

Cara membuat Vla Nuttela:
1. Campur semua bahan didalam wadah mangkok besar, aduk-aduk dengan wisk, jika larutan masih bergerindil...saring saja sambil ditekan-tekan agar tepung melarut.
2. Lalu rebus dengan api sedang sambil terus diaduk hingga larutan mengental dan mendidih. Angkat dari kompor, aduk-aduk terus hingga hilang uap panasnya dan adonan vla lembut, mengkilat dan licin.
3. Siap untuk dimasukkan ke dalam kulit sus, masukkan vla dengan sendok kecil atau dengan plastik piping bag, gunting kulit sus setengah lingkaran, semprotkan perlahan vla kedalam kue sus dan rapatkan kembali kulitnya.

Sajikan sebagai cemilan sehat untuk keluarga tercinta...yummy... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar