Sabtu, 28 Januari 2012

Puding Labu Kuning



Mau dimanfaatkan untuk berbagai masakan, atau untuk bahan campuran masakan...ternyata labu kuning atau sering kita sebut waluh ini sangat fleksibel, dan hasil masakan nyata benar rasanya pasti enak..legit, wangi khas labu kuning atau boleh juga dinamakan labu parang...tergantung masing-masing daerah memang beda nama.

Termasuk saya, sangat suka dengan rasa dan aroma khas waluh ini...dirumah saya sering membuat kue-kue dari labu kuning. Kadang dibikin bingka waluh, brownies waluh...bisa juga bakpao waluh, kolak waluh yang mantaff saat buka puasa. Dimasak sayur lodeh dan soup cream labu kuning enak juga...anak-anak seneng banget, dimakan hangat-hangat.  Dan selain itu bisa juga dibuat kue talam, atau puding. Naah...sekarang ini saya sedang membuat puding waluh yang lembut dan maknyeeess, makan puding waluh ini akan segera memulihkan badan yang lagi meriang adem panas, karena didalam buah waluh terkandung zat yang berefek mendinginkan suhu tubuh. He hee...begitulah kiranya.


PUDING LABU KUNING
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 sachet agar-agar putih swallow globe
150 gr gula pasir
50 gr gula palem (brown sugar)
400 ml air putih
250 gr labu kuning kukus yang sudah dihaluskan
400 ml santan kental (boleh pakai Kara/santan instan)
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanili bubuk
1 buah kuning telur

Bahan Vla:
15 gr tepung maizena
400 ml susu cair tawar
50 gr gula pasir (sesuai selera manisnya)
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanili bubuk
1 buah kuning telur
1/2 sdm mentega



Cara Membuat:
1. Campur menjadi satu di dalam panci perebus yaitu bubuk agar-agar, gula pasir, gula palem, air, waluh, santan, garam, dan vanili bubuk, aduk hingga tercampur rata. Kemudian rebus diatas panas api sedang sambil terus diaduk.
2. Kocok lepas kuning telur, ambil dua sendok sayur campuran agar-agar yang sedang direbus dan tuangkan ke dalam kocokan telur...aduk hingga rata. Lalu tuangkan campuran kuning telur tersebut kedalam larutan agar-agar yang sedang direbus, aduk segera hingga bercampur rata. Tunggu hingga larutan agar-agar mendidih, angkat dan biarkan hilang uap panasnya sebentar.
3. Masukkan larutan agar-agar kedalam cetakan agar-agar/puding, diamkan agar dingin...baru dimasukkan kedalam lemari penyejuk/kulkas.
4. Hidangkan dengan saus atau vla vanila.

Cara Membuat Vla Vanila:
1. Campur semua bahan vla dalam panci perebus...kecuali kuning telur dan mentega, aduk rata dengan wisk. Lalu rebus diatas panas api sedang sambil tetap diaduk-aduk dengan wisk.
2. Kocok lepas kuning telur, lalu ambil 2 sendok sayur larutan vla yang sedang direbus...aduk-aduk cepat agar telur tidak matang kena panas.
3. Masukkan campuran telur tersebut kedalam larutan vla yang sedang direbus, aduk-aduk segera hingga tercampur rata, aduk terus sampai larutan mengental dan meletup-letup, masukkan mentega dan aduk lagi hingga larutan vla menjadi halus licin dan mengental. Angkat segera dan pindahkan kedalam wadah lain. Siap untuk dijadikan pelengkap puding.




Happy Fun Cooking...for your family..

4 komentar:

  1. Mbak, ini pakai 1 pack agar2 itu maksudnya 1 box ya?kok saya barusan praktek jadinya nggak bisa beku dan kokoh?? Hehe...

    BalasHapus
  2. Saya pakainya 1 sachet agar agar

    BalasHapus
  3. wah, maaf..baru dijawab nih, iya agar2 1 pack/satu sachet yang merek swallow globe (yg bagus), saya rasa kalau ngikut resep InsaAllah jadi beku dg keras/kokoh...mungkin agar2nya kurang bagus, atau labu kuningnya banyak mengandung air, jadi puding kelebihan cairan.

    BalasHapus
  4. klo bulan puasa, aduhhh kbyank kesegarannya niehh!!

    BalasHapus