Rabu, 11 Januari 2012

Ayam Bakar Kecap Favorit Keluarga


Kalau saya masak ayam bakar kecap ini langsung teringat mas Nuha si sulung yang sedang nyantri dan sekolah di PPM Gontor di Indonesia. Menu satu ini yang paling dia sukai sepanjang masa hingga detik ini, kalau di Cilegon langganan mas Nuha di rumah makan Sri Rejeki dan rumah makan Top Ten. Ayam bakar kecapnya memang sangat khas dan mantabb banget bumbunya, manis dan agak pedaass gitu...warna ayamnya itu sampai coklat kehitaman dan disiram bumbu tumisan/saus yang berasal dari kaldu hasil ungkepan ayamnya...wich, mas Nuha kalau sudah menghadapi ayam bakar kecap Sri Rejeki sama Top Ten bisa habis dua porsi sekali makan..lapaar apa doyan to mas maass???...yo wis gak apa-apa, kan di pondok gak pernah makan ayam kayak gini Mama..he hee, Iya betul... ^_*

Untuk bisa membuat ayam bakar kecap ala Sri Rejeki ini, dulu sudah dipraktekan berkali-kali..diuji coba berulang-ulang tapi rasanya belum aja pas dan belum mirip juga dengan yang di Sri Rejeki. Gak bakal menyerah saya kalau belum bisa menyamai rasanya, di coba-coba terus meramu resep ayam ini. Dan alhamdulillah sudah mulai mendekati citarasanya..dengan ayam bakar kecap yang rumah makan Sri rejeki, dan yang penting anak-anak menyatakan ayam bakar kecap mama top markotop kayak yang beli di Top Ten, hi hi hii...senangnya hati saya disanjung anak. Makin rajinlah nguplek di dapur, ini resepnya yang sudah sering saya masak... :)

Ayam Bakar Kecap
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 ekor ayam potong jadi 4 ukuran sedang
Saya dan anak-anak suka sayap ayam
1 sdm air jeruk nipis
2 batang serai
3 lembar daun salam
5 lembar daun jeruk
3 cm lengkuas digeprek
3 cm jahe digeprek
7 sdm kecap manis yg berwarna hitam pekat (saya pakai cap bango)
2 sdm gula merah yg disisir halus
2 sdt garam (secukupnya)
1 sdm air asam (dari 2 mata asam direndam air panas)
250 ml air kelapa
250 ml air putih panas
4 sdm minyak goreng (boleh pakai minyak zaitun, lebih sehat)

Bumbu Halus:
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 butir cabe merah besar
1 sdt ketumbar sangrai
1/4 sdt jinten sangrai
1/2 sdt merica
5 butir kemiri sangrai

Cara Membuat:
1. Cuci dan bersihkan ayam, lumuri dengan air jeruk nipis dan remas-remas hingga ayam lemas. Sisihkan
2. Tumis bumbu halus dengan minyak goreng, aduk-aduk sampai bumbu halus matang dan harum. Masukkan daun salam, serai, daun jeruk, jahe dan lengkuas, sambil diaduk lagi. Masukkan ayam balik-balik hingga ayam berubah warna, tuangkan air kelapa. Biarkan ayam masak dan tutup sebentar pancinya.
3. Buka tutup pancinya, masukkan kecap manis, garam, gula merah dan air asam, aduk-aduk hingga ayam empuk dan matang berwarna coklat hitam, kalau air sudah menyusut boleh diangkat. Matikan api kompor. Ayam siap dibakar..
4. Ambil ayam dari panci dan letakkan diwadah lain. Sisa bumbu ungkepan ayam direbus lagi dengan menambah air putih panas. Rasakan apakah sudah terasa asin dan manisnya atau masih kurang terasa..bisa ditambah garam dan kecap, masak hingga mendidih dan agak mengental. Siap untuk dijadikan olesan ayam bakar dan kuah saat penyajian.
5. Siapkan alat pembakar/panggangan/oven juga boleh, bakar hingga ayam berubah warna lebih gelap dan matang beraroma khas ayam yang dibakar, hidangkan dipiring saji dan tuangi saus dari bumbu ungkep...yummy deh, bikin laper aja.

Selamat mencoba ya...

4 komentar:

  1. ini masakan kesukaan hasna...lezaaatt :)

    BalasHapus
  2. Blog walking, sist...:) aku paling suka sama ayam bakar.. thanks for sharing..

    BalasHapus
  3. Bagi yang bingung untuk memulai usaha ayam goreng silahkan klik Sukses Usaha Ayam Goreng Crispy salam sukses :)

    BalasHapus
  4. wah ini bu AG ya...saya pernah makan bronis kukusnya yg pake keju

    BalasHapus