Selasa, 30 Oktober 2012

Kerupuk Nasi (Kerupuk Gendar) Bikin Sendiri



Membuat kerupuk nasi atau kerupuk gendar sendiri yuuk...mudah dan sederhana cara pembuatannya. Dijamin rasanya lebih gurih dan renyah meski tanpa msg dan bahan pengembang kimiawi yang bernama "Garam Bleng" yang didalamnya mengandung unsur zat kimia berbahaya yaitu Borax. Jadi krupuk nasi ini aman buat keluarga kita.

Terkadang nama kerupuk nasi ini disebut juga kerupuk puli atau kerupuk lempeng di daerah saya di jawa. Herannya dulu saya sering makan kerupuk ini tanpa ada pemikiran apa2 tentang bahan2 apa yang terkandung didalamnya, ya maklum saja...belum terbuka pola pikirnya, hehee...
Tak tahunya ternyata garam bleng itu tidak baik digunakan untuk membuat kerupuk. Padahal memang garam bleng itu membuat kenyal adonan kerupuk dan membuat kerupuk jadi lebih mengembang bagus saat digoreng. Ternyata...oh ternyata, okk deh ibu2...saudara2 semua mari kita menjauhkan diri dari makanan yang tidak memberi manfaat sehat untuk tubuh kita.





KERUPUK NASI (kerupuk gendar/puli/lempeng)
Resep; Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:

Bahan Biang:
3 sdm tepung tapioka
100 ml air panas yang baru mendidih
===> Tuangkan air mendidih kedalam tepung tapioka lalu aduk2 hingga mengental seperti lem.

Bahan Adonan Kerupuk:
500 gr nasi hangat
1 sdt garam (secukupnya)
1/4 sdt gula pasir

Bumbu Halus:
1 sdt ketumbar sangrai
3 siung bawang putih

Cara Membuat:
1. Masukkan adonan biang kedalam nasi hangat, tambahkan bumbu halus, garam dan gula. Aduk hingga rata dan uleni adonan sambil diremas2 agar nasi agak pecah dan hancur.
2. Siapkan cetakan/loyang yang diolesi minyak goreng kemudian alasi daun pisang/plastik...olesi minyak goreng lagi agar tidak lengket. Tuangkan adonan kerupuk nasi kedalam loyang, ratakan dan padatkan. Kukus hingga matang kurang lebih 1/2 jam.
3. Dinginkan dahulu...
4. Potong2 kerupuk nasi dengan pisau tajam yang dibungkus plastik, bentuk potongan sesuai selera, jika hasil potongan kerupuk terlalu tebal, masukkan potongan kerupuk kedalam plastik lalu tekan2 dengan jari2 tangan sehingga menjadi lebih tipis. Letakkan kerupuk nasi yang masih basah di nampan dan jemur hingga kering.

Dibawah ini step by step gambar cara memotong kerupuk nasi ala saya:










5. Setelah kerupuk nasi kering bisa disimpan dalam tempat yang kedap udara, atau langsung digoreng...InsaAllah mekar dengan baik meski tak pakai bahan pengembang apapun.

6 komentar:

  1. Tks ya mbak resepnya pengen nyoba ah keliatannya lebih simpel, aku biasanya bikin pake resep lain :)

    BalasHapus
  2. Silahkan dicoba mb Vina...enak dan gurih koq krupuk nasinya :)

    BalasHapus
  3. Mama Andayana20 Maret 2014 07.11

    mksh mb resepnya, q lg nyari resep nasi n sampe ke blog mb niy..q sll sedih kalo harus buang nasi sisa, sekarang bisa diberdayakan lg jadi krupuk hihihi..

    BalasHapus
  4. sama2 mb Andayana, semoga bermanfaat resep krupuknya...selamat mencoba...

    BalasHapus
  5. Ok mantap juga.. ini kuliner tempo dulu ya...

    BalasHapus
  6. Wah, layak dicoba nih, mbak. Suka bingung kalau ada nasi sisa, dibuang sayang, dibuat tape kok kurang bagus buat tulang kalau sering2. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    BalasHapus