Selasa, 09 Oktober 2012

Piya-Piya



Hehee...Piya-Piya, apa ya...sebenarnya ini nama lain dari bakwan sayuran itu lho...
Iya, nama Piya-Piya julukan dari bakwan di daerah saya Ponorogo Jawa Timur. Jajanan gorengan ini murah meriah...yang tak lekang oleh jaman, dari dulu hingga sekarang tetep disukai oleh semua orang. Dan saya dan seluruh keluarga dirumah pun demikian...gak pernah bosen sama cemilan Piya-Piya, makanya mesti bisa bikin sendiri, hahaa...saya juga yakin semua ibu2 sudah biasa buat jajanan bakwan sayur, dengan resep andalan masing2.

Untuk membuat Piya-Piya diperlukan cetakan dari sendok sayur atau irus dalam bahasa jawanya, ada caranya lho... agar irus tidak lengket saat dipakai untuk mencetak bakwan yaitu: Jika irusnya masih baru atau belum pernah dibuat nyetak Piya-Piya...pertama kali gosok2 bagian dalam irus dengan kemiri yang sudah dihaluskan dicobek hingga licin dan berminyak. Setelah itu panaskan diwajan yang sudah berisi minyak panas..biarkan agar irus menyerap panas minyak, kemudian baru tuangkan adonan bakwan kedalamnya. Dan satu lagi pesen saya...setelah selesai menggoreng, sendok sayur tersebut jangan dicuci sama sekali. Simpan dalam keadaan masih berminyak dengan dibungkus plastik , ikat plastik dengan karet. Jangan digunakan untuk memasak selain untuk mencetak Piya-Piya, nanti irus/sendok sayurnya akan lengket lagi gak bagus buat mencetak bakwan.




Sayapun punya resep istimewa untuk Piya-Piya yang lezat dan gurih...meski resepnya hanya sederhana, dan yang pasti tanpa dikasih bumbu masak/vetsin (seperti royco dan masako atau merek yang lain),  rasa bakwan sayur buatan saya ditanggung halal dan nikmat deh...dan inilah resep rahasia dapur di keluarga besar saya. Boleh dicoba, silakan...dan jika memang enak kabari saya yaa... hihiii...




Foto diatas bakwan sayuran yang versi digoreng tanpa dicetak, lebih praktis dan cepet selesai nggorengnya. Sebaiknya kalau mau digoreng seperti ini adonan bakwan tidak terlalu kental dan lebih banyak sayurnya.  Digoreng tipis2 melebar dan setelah matang akan terasa lebih garing dan krispi. Beda sedikit dengan Piya-Piya yang dicetak, adonan dibuat agak kental dan sayuran cukup banyaknya...sehingga jika sudah matang Piya-Piya lebih tebal dan empuk lembut saat digigit. Makyuss katanya...

PIYA-PIYA (Bakwan Sayuran)
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
250 gr tepung terigu
1 buah wortel serut panjang/potong dadu kecil
5 lembar daun kobis iris halus
1 batang daun bawang iris kasar
1 batang daun seledri iris kasar
1/2 buah paprika hijau yang kecil potong dadu kecil (jika suka)
air putih secukupnya untuk membuat adonan bakwan
minyak goreng secukupnya buat menggoreng bakwan

Bumbu Halus:
5 siung bawang putih
3 butir kemiri
1/2 sdt merica
1 biji cabe rawit (sbg penyedap rasa, gak pakai juga gak apa2)
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir

Cara Membuat:
1. Masukkan tepung terigu kedalam wadah atau mangkok yang cukup besarnya, kasih bumbu halus...kemudian tuangkan air sedikit demi sedikit, aduk2 hingga menjadi adonan tepung terigu yang cukup kentalnya.
2. Masukkan semua sayur2an kedalam adonan tepung terigu, aduk2 lagi biar rata. Cicipi sudah pas belum rasanya.
3. Panaskan minyak goreng dan rendam cetakan Piya-Piya atau irusnya kedalam minyak, biarkan irus panas dulu. Tuangkan adonan bakwan kedalam irus, celupkan kedasar minyak...sambil agak digoyang2kan irusnya agar adonan yang digoreng melepaskan diri dari cetakan. Begitu seterusnya, goreng hingga Piya-Piya matang coklat kekuningan. Tiriskan dan hidangkan hangat2 dengan cabe rawit hijau bila suka.

3 komentar:

  1. Salam kenal mb'
    Sya jga dri ponorogo loohhhhh
    Pngn skli nyoba resep kebabnya mb' ita

    BalasHapus