Jumat, 12 Oktober 2012

Kue Mangkok Tape Nasi



Bismillahirrohmanirrohim...

Beberapa hari yang lalu saya sengaja membuat tape dari nasi, karena sedang berencana ingin membuat kue mangkok dari tape nasi. Sebenarnya saya belum pernah membuat kue mangkok dari tape, hanya saja tiba2 koq jadi kepingin bikin...terinspirasi dari almarhumah ibu saya yang dulu sangat sering membuat kue mangkok, tapi kenapa saya saat itu gak pernah berniat ikut mbantuin bikin yaa...hehee...
Kan jadi tahu bagaimana resepnya dan cara pembuatan serta tips2nya, dan sekarang baru kerasa...harus belajar sendiri tanpa ada bunda lagi. Harus belajar mencari sendiri resepnya...menggali bagaimana supaya sukses membuatnya.

Dan alhamdulillah, setelah buka2 koleksi buku resep dari Primarasa, akhirnya menemukan resep kue mangkok jawa, dan saya bisa coba membuat kue mangkok tape. Tapi sebenarnya di resep buku tersebut bahan dasar tapenya dari singkong, dan ternyata...saya ganti dengan tape nasi bisa jadi juga kuenya. Rasa kue mangkoknya enak banget...persis seperti bikinan almarhumah ibu dulu, lembut dan menyus2..mekrok dengan sumringah.

Suatu saat nanti akan saya coba juga dengan bahan tape singkong ala apem mangkok ibu tersayang almarhumah, dan tentunya saya harus produksi tape singkong sendiri dulu, begitu lah kalau tinggal jauh dari kampung tercinta. Tapi walau bagaimanapun saya harus selalu bersyukur dan dapat memetik hikmahnya, saya jadi makin rajin berkreasi dan lebih pinter...daripada saat masih di kampung dulu, he he hee...


Kue Mangkok Tape Nasi
Source: PRIMARASA (Panganan Tepung Beras & Ketan)
Modified by: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
250 gr tape singkong (saya pakai tape nasi)
350 gr tepung beras
600 ml air hangat (saya hanya pakai 550 ml)
350 gr gula pasir
50 gr tepung terigu
2 sdt baking powder (Bagusnya pakai BPDA)
sedikit garam (saya sengaja tambahkan agar kue makin legit)
beberapa macam pewarna makanan (merah, hijau, ungu)




Cara Membuat ala Dapur Saya:
1. Blender tape nasi dengan 100 air hangat (air hangatnya diambil dari yang 600 ml).
Tempatkan tape yang sudah diblender dalam wadah, masukkan tepung beras dan 200 ml air hangat, uleni hingga rata.
3. Masukkan gula pasir, tepung terigu dan baking powder, dan sisa air hangat, lalu uleni hingga adonan lembut dan licin. Pukul-pukul adonan dengan telapak tangan hingga gula larut, adonan terasa lembut dan ringan selama 30 menit.
3. Diamkan adonan dengan ditutup plastik wrapp atau serbet bersih selama kurang lebih 2 jam.
4. Bagi adonan menjadi beberapa bagian, beri pewarna kesukaan atau sesuai selera.
5. Siapkan kukusan/langseng, kemudian masukkan cetakan kue mangkok kedalam kukusan panaskan kurang lebih 5 menit. Tuangi adonan hingga penuh rata dibibir cetakan. Kukus selama 15 menit atau hingga kue mangkok matang merekah.


# Note:
- Cetakan untuk kue mangkok bisa dari bahan porcelen/kaca, atau dari bahan plastik yang biasa digunakan untuk membuat kue talam. Cetakan tidak perlu diolesi minyak goreng atau margarin, nanti malah berefek kue gagal mekrok lhoo...jadi cetakan harus dimasukkan dalam kukusan dan panaskan 5 menit sebelum diisi adonan kue mangkok, lalu kukus hingga matang.




- Dan jangan lupa tutup langseng/kukusan dibungkus serbet yang agak tebal agar uap air tidak menetesi kue yang sedang dikukus, ini juga berakibat tampilan kue nanti jadi agak basah dan kurang mekar dengan sempurna.

- Untuk mengeluarkan kue mangkok dari cetakan, tunggu kue mangkok jika sudah agak dingin. Sehingga kue mangkok berkulit halus dan mulus. Kalau tidak mau bersabar dan masih panas dilepas...kue mangkok masih lengket dicetakan, kue mangkok jadi kurang cantik penampilannya.


Selamat Mencoba... :)

6 komentar:

  1. Mbak ita, saya mau nanya dong, kalo saya mau bikin kue mangkok pake gula merah, tp pake resep mbak ita, bisakan. Oh iya, satu lagi perntanyaan saya, ini kue mangkoknya, yg biasa dihidangkan dgn kelapa parut ya. Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  2. Bisa aja mbak...pake gula merah, malah lebih nikmat...legit. Iya...bisa dipakein kelapa parut, bisa juga gak pake kelapa parut...makin gurih kalau pake kelapa parut...silahkan dicoba mbak...

    BalasHapus
  3. salam kenal ya mba ita....mau nanya klo buat kue mangkok bisa gak cetakan pake cetakan bolu kukus??? soalnya belum pnya mbak trus cetakannya pake kertas cup gak mba???terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  4. Mb Diyant Sari, bisa pakai cetakan bolu kukus tapi yang tidak berlubang ya mbak...atau pake cetakan muffin yg satuan, tapi jangan pakai kertas cup...nanti lengket dikertas. Untuk kue mangkok seperti ini sebaiknya pakai cetakan cucing/cetakan kue talam dan gak perlu di oles minyak, kalau di oles minyak malah nanti kue mangkok gak mekar.

    BalasHapus
  5. Masukin garamnya kapan mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masukkan garam kapan aja mbak...bisa pada tahap ke tiga di cara pembuatan.

      Hapus