Rabu, 03 Oktober 2012

Tahu Bacem



Bikin tahu dibacem yuuk, kebetulan baru saja dapat beli tahu dari teman yang memproduksi tahu enak di Kuwait. Disini memang tahu adalah bahan makanan yang spesial...karena musti pesan dan gak bisa segera menerima tahunya. Dan pula harganya sedikit bikin kantong pening...beda jauh jika di Indonesia, tahu dipasar segambreng...tinggal beli dan harganya tidak terlalu mahal. Yaah, begini nasib kita yang jauh dari negeri sendiri...anyway, its no problem...dinikmati saja dan disyukuri :)


TAHU BACEM
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
12 potong tahu yang sudah dipotong kotak
1 liter air putih
5 lembar daun salam
sepotong lengkuas digeprek
1 kantong teh celup
3 sdm kecap manis (boleh kurang atau lebih)
50 gr gula merah
1 sdm gula pasir
1 sdt garam (secukupnya)
500 ml air putih+air kelapa (secukupnya, tergantung banyaknya tahu)
3 sdm air asem (secukupnya, tergantung selera)

Bumbu Halus:
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdt ketumbar sangrai




Cara Membuat:
1. Masukkan daun salam, lengkuas dan bumbu halus kedalam panci, masukkan tahunya. Beri gula pasir, gula merah dan garam...lalu tambahkan air putih dan air asam, rebus hingga air mendidih.
2. Masukkan 1 kantong teh celup kedalam panci, tambahkan kecap manis. Masak tahu hingga berwarna kecoklatan dan air menyusut, cicipi jika kurang manis atau kurang asin tinggal tambahkan gula pasir atau garam.
4. Angkat dan matikan kompor, biarkan tahu berendam/diinapkan semalam agar bumbu meresap dan warna tahu menjadi coklat gelap.
5. Goreng setengah matang saja, agar tidak gosong. Atau lebih baik dan sehat jika tahu dipanggang saja di pan-dadar teflon tanpa minyak...dengan api kecil, rasanya juga lebih maknyuss lho...coba saja :)


#Tips
Sebenarnya tahu bacem semakin legit manis kalau dalam merebusnya ditambahkan air kelapa, gak perlu banyak2 sih...segelas ukuran 200 ml juga sudah cukup untuk satu resep di atas. Karena disini susah buat mencari air kelapa, ya sudah...terpaksa air kelapa di abaikan aja. Yang penting bumbunya terasa pas dan sesuai dengan selera kita. Tahu bacemnya tetep nikmat dan legit (leginya menggigit)...meski tanpa menggunakan air kelapa.

1 komentar:

  1. mbk itu teh celumnya suPaya apa ya.trims

    BalasHapus