Jumat, 09 November 2012

AYAM POP



Menu masakan padang yang paling minimalis dengan bumbu rempah2 ya ini dia..."Ayam Pop". Rasa ayam pop ini sangat ringan bumbu...tapi jika memasaknya tepat, maka ayam yang digoreng hanya sekejap mata ini bercitarasa sangat sedap lho...mari kita mencoba bikin ayam goreng mudah ala warung makan saya :)


AYAM POP
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 ekor ayam ukuran sedang belah jadi 6 bagian lepas kulitnya
1/2 sdm air jeruk nipis/cuka
1 lembar daun salam
1 ruas jari jahe digeprek
2 sdt garam (secukup rasa)
1 sdm minyak zaitun/minyak goreng biasa
500 ml air kelapa

Bumbu Halus:
5 siung bawang putih
1 sdt lada




Cara Membuat:
1. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak goreng/minyak zaitun hingga harum dan matang. Tuangkan air kelapa, masukkan daun salam dan jahe. Biarkan air kelapa mendidih.
2. Masukkan ayam yang sudah dilepas kulitnya kedalam larutan air kelapa, tambahkan air jeruk nipis/cuka masak. Rebus hingga ayam matang dan empuk.
3. Panaskan minyak goreng, masukkan ayam lalu goreng sebentar saja kurang lebih 1/2 menit dalam minyak panas. Segera angkat, hidangkan bersama nasi hangat dan sambel ijo atau sambel cabe merah ala warung padang.

4 komentar:

  1. Mau nyontek resepnya,makasih yah mbak Ariesta ^^

    BalasHapus
  2. Oh iya...boleh2 mb May, monggo...wong ini resep guampil koq, InsaAllah pasti enak hasilnya :)

    BalasHapus
  3. MbAK Aries, kalau air kelapa nya diganti air biasa bisa kah? Salam kenal, ami (yanbu, KSA)

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh aja mbak...kalo gak ada air kelapa pake air putih biasa, hanya akan sedikit beda testur dan rasa ayamnya kurang legit gitu...bisa dimix dgn air sprite kalau mau...tapi 1/3 bagian dr total air. Misal air kelapa 500ml diganti dengan 350ml air putih dan 150 ml air sprite.

      Hapus