Minggu, 10 November 2013

Nugget Ayam Sayur



Bismillah...

Membuat nugget sendiri...ala ibu rumah tangga yang senantiasa ingin menghidangkan sajian sehat dan higienis, tidak terkontaminasi bahan2 aditif/bahan2 kimia dalam makanan. Saya memang sudah lama banget gak pernah membeli nugget kemasan dari super market...sejak anak sulung saya masih kelas satu di sekolah dasar, dan hingga sekarang si Mas Nuha sudah usia 16 tahun (kelas 3 sma) serta untuk adik2nya juga...selalu saya bikinkan nugget sendiri dengan berbagai macam varian kesukaan mereka.

Resepnya nugget dari dulu hingga sekarang tak pernah mengalami perubahan, paling jika bosen dengan fariasi sayur saya ganti dengan sayur lain yang tentunya anak2 sukai. Kadang2 juga daging ayam saya mix/campur dengan udang atau ikan, keju, mie/bihun, kentang kukus, tempe dan bahkan tahu. Tergantung bahan yang ada di dapur saja...karena memang membuat nugget itu sebenarnya gak susah koq, asal campur2 jadi deh...resep bisa dibuat sesuai selera atau suka2 dari sang pengolahnya.


Nugget Sayur yang sudah digoreng, dan siap disajikan. Ini saya cetak memakai cookies cutter bentuk love dan star, jadi lebih menarik. Tetapi sayang...sisa potongannya banyak terbuang/agak mubadzir, kurang praktis dan tidak efisien. Lebih baik potong kotak biasa aja, lebih cepat dan praktis. Prinsip ekonomi yaa...biar dapat hasil yang maksimal :) 

Nugget Ayam Sayur
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
500 gr ayam giling
150 gr wortel parut kasar
150 brokoli/buncis/sawi potong2
50 gr tepung maizena
4 lembar roti tawar rendam dlm 100 ml susu cair tawar
3 butir telur
1 tangkai daun bawang iris kasar
2 tangkai daun seledri iris kasar
1 sdt lada halus
1/2 sdt pala bubuk
1 1/2 sdt garam (secukupnya)
1/2 sdt gula pasir (sesuai selera)

Bumbu Halus:
5 butir bawang merah
5 butir bawang putih
---> Tumis bumbu halus dengan margarin agar harum aromanya.

Bahan Baluran/Bedak:
100 gr tepung terigu

Bahan Celupan Nugget:
2 butir telur kocok lepas
3 sdm tepung terigu (boleh ditambah jika kurang)
sedikit garam
150 ml air (secukupnya)
---> Aduk semua bahan diatas hingga rata dan halus

Bahan Panir:
200 gr tepung roti kasar (panko)


Cara Membuat:

1. Masukkan semua bahan dan bumbu halus ke dalam alat blender/Food Processor, lalu blender selama kurang lebih 5 menit sampai adonan halus dan licin. Rasakan jika kurang asin dan manisnya silakan ditambahkan bumbu lagi. Kalau gak ada alat untuk blender, bisa dengan cara mencincang bahan2 (menghaluskan dengan pisau) sampai halus, baru semua bahan dicampur dan diuleni dengan tangan.

2. Masukkan adonan ke dalam loyang aluminium kotak, boleh pakai box aluminium foil atau pyrex tahan panas, atau kotak plastik tahan panas. Sebelumnya olesi loyang dengan minyak dan alasi plastik..oles minyak lagi, baru tuangkan adonan ke dalam loyang. Kukus hingga matang.

3. Jika adonan nugget sudah dingin potong-potong atau cetak dengan berbagai bentuk sesuai selera, baluri atau bedaki dengan tepung terigu, lalu celupkan kedalam larutan pencelup dan gulingkan ke dalam tepung roti kasar. Lakukan untuk semua nugget hingga habis dipanir.


Tahap 1. Nugget di potong2 sesuai selera bentuknya


Tahap 2. Nugget dibaluri atau dibedaki dengan tepung terigu sebelum dicelupkan dalam larutan pencelup


Tahap 3. Nugget sudah selesai diberi tepung panir atau tepung roti kasar yang berwarna kuning (panko)


Tahap 4. Nugget Ayam Sayur sudah selesai dikemas, siap masuk freezer


4. Kemas nugget dalam wadah kedap udara dan bila akan menumpuk nugget untuk setiap lapisnya beri plastik agar tidak menempel. Kemudian simpan dalam freezer, dan siap digoreng sewaktu-waktu jika kita mau mempersiapkan makan untuk anak-anak.


Selamat Memasak...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar