Senin, 17 September 2012

ROTI MARYAM (Kue Chapatti)



Saya mencoba buat roti maryam (orang Indonesia nyebutnya roti maryam) ini sudah tiga kali, dan masih penasaran koq belum sesuai harapan yaa...masih aja belum bisa nyamain si tukang bikin chapatti di warung2 makan India, hahaa...lha iya memang bukan tukang ahlinya, masak mau selihai koki India. Kapan-kapan mau nanya2 deh ke pak koki Indianya langsung...hi hi hiii...
Kue/roti chapatti ini di tempat tinggal saya..."Kuwait", paling gampang nyarinya...kan menu wajib buat breakfast orang2 India dan tetangga2nya, termasuk warga Indonesia yang disini ternyata juga pada suka.

Tapi alhamdulillah meski gak trampil  dalam hasil, saya sudah berusaha mencoba buat roti maryam, jadi tidak penasaran lagi...belajar dari eyang google dan buka2 youtube, akhirnya mulai bisa paham...bikin roti maryam ini perlu kesabaran dan ketelatenan. Roti chapatti bikinan saya kemaren...sebenarnya rasa sudah pass dan gurihnya terasa, apalagi maemnya selagi hangat tanpa dikasih topping apapun sudah enak aja. Layer2nya/lapisannya juga sudah nampak, tapi masih agak ketebalan, belum bisa tipis kayak yang biasa saya beli, mungkin tenaga tangan saya buat memipihkan roti kurang berotot ya...
Pokoknya ini PR buat saya, belum puas dan belum suksess...musti banyak berlatih. Mau jadi juragan roti maryam...he he hee...

Ini lhoo...roti maryam/roti canai/kue chapatti yang sering saya beli di rumah makan India, beda bangetkan sama bikinan saya (foto yang diatas). Pengennya nanti2 berhasil seperti ini penampakannya...jiaah, kapan yaa??? ha haa...




Resepnya saya adaptasi dari Tabloid Koki, yang ada bonus buku berjudul "Hidangan Timur Tengah", tapi tabloidnya gak kebawa, masih di Indonesia..cuma bukunya saya simpan disini. Tapi koq gak ada edisinya kapan...(koleksi buku resep dari tabloid Koki saya sertakan di bawah ini).



Resep aslinya  saya adaptasi dari buklet Tabloid Koki 



ROTI MARYAM
Modifikasi: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
500 gr tepung terigu protein tinggi
200 ml susu cair tawar
2 kuning telur
1 putih telur
125 gr mentega/butter unslated, cairkan
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir

Bahan Tambahan:
5 sdm minyak goreng untuk melumuri adonan roti maryam
100 gr mentega/butter yang dilelehkan untuk olesan adonan saat digiling tipis 
Yang dipakai buat olesan bukan margarin lho yaa...ingat, mentega atau butter yang tawar/unsalted




Gambar Step By Step Cara Pembuatan Roti Maryam




Cara Membuat:

1. Masukkan tepung terigu dalam mangkok besar, lubangi bagian tengah tepung, beri garam, gula pasir. Tuangkan telur kocok, mentega cair dan susu cair sedikit demi sedikit. Uleni adonan hingga adonan kalis. Diamkan adonan yang sudah kalis dan tutup dengan plastik, diamkan kurang lebih 1 jam.

2. Bagi adonan menjadi 8-10 bulatan, lalu lumuri adonan yang sudah dibulatkan dengan minyak goreng. Diamkan kembali selama minimal 4 jam (semalaman akan lebih baik) dengan ditutup plastik.

3. Ambil satu buah bulatan adonan, tipiskan dengan tangan diatas papan penipis/nampan yang sudah diolesi minyak goreng. Tipiskan dengan telapak tangan memutar sehingga membentuk lingkaran besar dan tipis. Olesi tipis2 seluruh permukaan adonan dengan mentega cair. Kemudian lipat dari pinggir lingkaran ke arah dalam seperti membuat kipas kertas/lipat zigzag, lakukan sampai semua terlipat rapi. Setelah itu pelan2 tarik adonan yang sudah membentuk lipatan secara perlahan agar memanjang, terus putar ujung salah satu adonan membentuk lingkaran, kemudian bentuk seperti konde...masukkan ujung yang terakhir adonan kebawah agar tidak lepas. Kerjakan hingga semua adonan selesai menjadi konde, dan diamkan kurang lebih 1/2 jam.

4. Ambil satu adonan konde, siapkan nampan dan letakkan adonan roti maryam diatasnya, pipihkan dengan telapak tangan. Pipihkan pelan2 hingga adonan melebar bulat dan tipis.

5. Panggang diatas wajan datar/teflon tanpa diolesi minyak goreng dengan api kecil, bolak balik...saat membolak-balik roti olesi permukaan roti dengan mentega/butter agar roti lembab. Jika sudah matang angkat dan hidangkan bersama pendamping sesuai selera.

6 komentar:

  1. pernah diajarin temen pakistan bikin chapatti tapi ga q catet, jadi lupa hiks

    enak banget chapati ini, sukaaaaa

    BalasHapus
  2. Silakan mencoba, barangkali bisa lebih bagus hasilnya dr saya.. :)

    BalasHapus
  3. Kalo ga punya unsalted butter boleh pake margarin aja ngga, tp garamnya dikurangin gitu, smua bahan dah ada, unsaltednya yg dpt krn toko tutup :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mb anees...boleh pakai margarin merek blue band, atau yg lain...gpp, jadi gak perlu ditambahin garam kalo sudah asin, tapi jika dirasa masih kurang gurih boleh ditambah garam sedikit.

      Hapus