Kamis, 20 September 2012

Pisang Molen Goreng



Yuk mari buat pisang molen goreng kayak yang dijual di gerobak abang2 jual gorengan, pisang molen buatan saya ini krispi alias garing dan renyah, namun gak keras lhoo... Kalau bikin sendiri dijamin dari sisi higienisnya, juga lebih murah dan enak rasanya...satu lagi tentunya sekeluarga juga lebih puas karena hasil masakan ibu kan paling top markotop, ya kan buu...

Resepnya ala saya aja yaa...yang awal bikinnya dulu asal uplek2 dan campur2 akhirnya jadi resep andalan..."Sangat sederhana dan mudah buatnya, untuk rasa...tetap harus nikmat"..., itu moto saya dalam memasak. Bikin satu resep untuk sekali makan pisang goreng molen kira-kira hasilnya sepiring pisang molen goreng...dan masih bisa berbagi dengan tetangga sepiring lagi, hehee... lumayan banyak sih, hingga cukup untuk menemani sore yang hangat dan santai bersama keluarga di rumah.

Pisang Molen Goreng
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
Pisang kepok atau pisang tanduk potong serong/memanjang

Bahan A:
250 gr tepung terigu
2 sdm margarin
1/2 sdt baking powder

Bahan B:
1 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanili bubuk
6 sdm air putih hangat
===> Campur semua menjadi satu, aduk hingga gula, garam dan vanili bubuk larut.




Cara Membuat:
1. Campur bahan A ke dalam mangkok, aduk dengan tangan hingga bercampur.
2. Tuangkan bahan B sedikit demi sedikit sambil adonan diuleni dengan tangan sehingga adonan bercampur dan bergumpal (tidak harus sampai kalis). Istirahatkan adonan kurang lebih 15 menit, tutup dengan plastik/serbet bersih.
3. Siapkan penggilingan mie/pasta maker, giling sedikit2 dengan ketebalan no. 1 hingga ketebalan no.5.
4. Potong2 adonan ukuran 3 cm x 30 cm, lilitkan ke pisang secara memutar hingga pisang tertutup adonan kulit, lem ujung kulit dengan air putih agar tidak lepas. Jika tidak ada penggiling mie/pasta maker, bisa digiling/digilas dengan rolling pin atau gilingan dari kayu sampai adonan tipis.
5. Goreng pisang molen dengan minyak goreng api sedang hingga kuning kecoklatan. Angkat bila sudah matang, tiriskan...dan sajikan selagi masih hangat..

1 komentar:

  1. Mba...ijin share resepnya ya...makasih...
    Irma

    BalasHapus