Senin, 17 September 2012

Bolu Gulung Kukus Ketan Hitam



Udah lama sekali praktek bikin bolu gulung ini, dan masih aja di draft belum sempat2 edit dan tulis2 sampai lupa buat posting ke blog...
Masih agak kurang piawai menggulungnya waktu itu, padahal bolunya lekker banget.  Ada insiden pas waktu menumpahkan bolu yang masih panas ke atas kertas roti...waduuhh, bolunya sobek sebagian gara2 kepanasan saya lempar begitu aja, hehee...lupa kalau bolu gulung ini sangat lembut. Waa...jadinya pas digulung ya ada sedikit kurang mulus deeh...
Yo wislah, gak apa-apa...lain kali musti hati-hati, coba lagi...biar makin luwes membuat bolgul :)

Bolu Gulung Kukus Ketan Hitam
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan A:
2 butir telur
100 gr gula pasir
1/2 sdt SP
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanili bubuk

Bahan B:
100 gr tepung ketan hitam

Bahan C:
50 ml santan (pakai santan instan juga bisa/kara)
50 ml minyak goreng
===> Campur menjadi satu

Bahan D:
50 gr selai blueberry/strawberry/nanas
Selai apa saja juga boleh




Cara Membuat:
1. Kocok bahan A hingga mengembang pucat dan kental, masukkan bahan B sedikit demi sedikit sambil di mixer dengan kecepatan rendah hingga tepung ketan habis.
2. Tuangkan bahan C, aduk perlahan dengan spatula hingga tercampur rata.
3. Siapkan loyang kotak ukuran 22x22x4 cm, olesi margarin dan alasi dengan kertas roti..olesi dasar kertas roti dengan margarin (untuk sisi pinggirnya loyang tidak usah dioles margarin). Kemudian tuangkan adonan kedalam loyang, kukus selama 15 menit/hingga matang. Jangan lupa tutup pengukusnya diberi serbet bersih..agar uap air gak menetes pada adonan bolu yang sedang dikukus.
4. Setelah matang, angkat dan balikkan diatas kertas roti lain..panas2 olesi permukaan bolu dengan selai kesukaan, kemudian langsung gulung seperti biasanya menggulung bolu gulung...padatkan dan biarkan beberapa saat waktu, baru boleh dipotong2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar