Sabtu, 15 September 2012

Nasi Tim Ayam



Alhamdulillah Maisaa (siputri bungsu 1 thn 5 bln) mau maem nasi tim ini dan habis kurang dari setengahnya...karena memang maemnya Maisaa gak bisa seketika banyak, musti bertahap dan sabar sering2 menyuapnya. He hee...begitulah perjuangan si emak demi anaknya, dan menguras energi untuk sebuah kesabaran...

Resepnya saya buat yang mudah dan simpel aja..dengan bahan2 dan bumbu sederhana yang ada didapur, tapi yang pasti untuk rasa...teteep dijamin enak tenan. Dua jempol deh rasanya...yah muji sendiri deh...


NASI TIM AYAM 
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
Nasi putih secukupnya (bukan beras lho yaa..)
250 gr ayam fillet potong/cincang halus
1 buah wortel kecil potong dadu kecil
1 batang daun bawang potong halus
1 batang daun seledri potong halus

Bumbu:
5 siung bawang putih iris halus
5 butir bawang merah iris halus
1 cm jahe digeprek
1/2 sdt lada
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
2 sdm kecap manis
1 sdm saus tiram
1 sdm minyak wijen
2 sdm minyak zaitun (margarin juga boleh) untuk menumis

Cara Membuat:
1. Panaskan minyak zaitun, tumis bawang merah, bawang putih dan jahe, masukkan minyak wijen, aduk2 hingga bawang setengah matang.
2. Masukkan ayam cincang dan wortel, aduk2 hingga ayam berubah warna menjadi putih, masukkan lada, garam, gula, kecap manis dan saus tiram. Aduk2 hingga ayam matang, taburi daun bawang dan daun seledri yang dipotong halus, aduk sebentar dan angkat.
3. Siapkan mangkok tahan panas untuk mencetak nasi tim, lalu masukkan ayam bumbu kedasar mangkok, tuangkan nasi putih matang secukupnya diatas ayam bumbu, padatkan dan beri air matang kurang lebih 2-3 sdm (secukupnya) seperti membuat nasi tim. Kukus hingga matang, dan hidangkan.

Mudah dan praktis membuatnya,
Selamat Mencoba... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar