Senin, 11 Februari 2013

KUE SUS KLASIK



Alhamdulillah...

Lama banget gak bikin kue sus, dengan vla yang lembut...tanpa dikasih topping apa2, karena pada dasarnya saya memang lebih suka kue sus yang sederhana...gak pakai assesories, ala jadul yang bener2 klasik.

Masih setia dengan resep yang lama, yang sering saya pakai dulu waktu masih tinggal di Indonesia tercinta. Saya suka kulit sus ini...lembut dan kokoh, gak keras dan dalamnya bisa kopong...alias berongga luas. Jadi bisa di isi dengan vla yang cukup banyak berlimpah, sehingga begitu digigit terasa maknyuss. Vla vanilanya saya menggunakan resep vla vanila dengan bahan2 yang sederhana tetapi tetap creamy dan lembut.

 Dalam satu resep biasanya bisa menjadi 20 sampai 25 buah kue sus ukuran sedang. Bisa langsung dicetak dengan spuit bintang diatas loyang...atau dispuit dulu diatas cetakan pai bergerigi, seperti contoh kue sus saya difoto ini, sehingga penampilan kue sus menjadi lebih menarik.




KUE SUS (Choux Pastry)
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Kulit Sus:
200 ml air
100 gr margarin/butter
120 gr tepung terigu
1/2 sdt garam
1/4 sdt gula pasir
4 butir telur ukuran sedang (timbang telur 200 gr setelah dipecah dr kulitnya)

Bahan Vla Vanila:
500 gr susu cair
100 gr gula pasir
20 gr tepung custard (bila tak ada tepung custard bisa diganti tepung maizena)
20 gr tepung maizena
1 kuning telur
1 sdm margarin/butter
1/2 sdt vanili bubuk
1/4 sdt garam


Cara Membuat Kulit Sus:
1. Masak air didalam panci hingga mendidih, masukkan margarin/butter, gula pasir dan garam. Aduk hingga margarin leleh dan mendidih.
2. Tuangkan tepung terigu dan kedalam air yang mendidih, kecilkan api kompor sambil aduk adonan cepat-cepat dengan sendok kayu sampai adonan campur dan kalis. Angkat sisihkan biarkan uap panas menghilang, tunggu sampai agak dingin..(adonan menghangat).
3. Masukkan telur kocok sedikit demi sedikit kedalam adonan sambil di mixer atau diaduk pakai sendok kayu, sampai adonan menjadi rata dan halus.
4. Siapkan loyang untuk memanggang kue sus, olesi loyang tipis saja dengan margarin. Kemudian masukkan adonan ke dalam plastik piping bag cetak dengan spuit bintang diatas loyang, beri jarak agak lebar kurang lebih 3 cm agar nanti saat dioven kue sus tidak saling menempel.
5. Oven dengan suhu tinggi sekitar 200'C, selama 25-35 menit, tergantung panas oven masing-masing. Selama mengoven jangan dibuka-buka sebelum koe sus matang, bisa berakibat fatal..kue sus akan mengempis sebelum matang sempurna.

Cara membuat Vla Nuttela:
1. Campur semua bahan didalam wadah mangkok besar, aduk-aduk dengan wisk, jika larutan masih bergerindil...saring saja sambil ditekan-tekan agar tepung melarut.
2. Lalu rebus dengan api sedang sambil terus diaduk hingga larutan mengental dan mendidih. Angkat dari kompor, aduk-aduk terus hingga hilang uap panasnya dan adonan vla lembut, mengkilat dan licin.
3. Siap untuk dimasukkan ke dalam kulit sus, masukkan vla dengan sendok kecil atau dengan plastik piping bag, gunting kulit sus setengah lingkaran, semprotkan perlahan vla kedalam kue sus dan rapatkan kembali kulitnya.


Selamat Mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar