Sabtu, 16 Maret 2013

Ayam Panggang Bumbu Rica-Rica



Bismillahirrahmaanirrahiim...

Sedikit memberi sumbangan ide dan solusi...agar dapur tetap mengepul dalam situasi kenaikan harga bawang di negeri Indonesia-ku yang entah kapan bisa kembali menurun menuju harga normal.

Kemaren saya mencoba membuat menu ini, Ayam Bumbu Rica2...tanpa menggunakan bawang merah dan bawang putih, satu lagi...juga tanpa menggunakan minyak goreng. Dan setelah matang diungkep ayam rica2 nya di panggang dalam double pan.

Memasak ayam bumbu rica2 memerlukan bumbu2 dan rempah2 yang sederhana saja, salah satunya ya si bawang merah yang lagi kemayu harganya itu. Bawang merah untuk bumbu rica2 memang perlu dalam jumlah agak banyak.

Nah...demi tetep bisa menikmati lezatnya ayam bumbu rica2, buat teman2 yang tinggal di Indonesia saya memberi alternatif pengganti bawang merah dengan menggunakan batang daun bawang bagian pangkalnya sepanjang kurang lebih 15 cm (yang masih berwarna putih). Kemudian iris halus seperti mengiris bawang merah.

Alhamdulillah, rasa ayam bumbu rica2 setelah matang dan saya cicipi..gak terasa kalau bumbunya telah diganti dari daun bawang. Tetap seperti rasa saat saya masak pakai bawang merah. Yang pasti tetap nikmat, sesuai lidah dan selera keluarga.

Semoga bermanfaat dan menginspirasi ibu2 yang sedang risau dengan episode menggeliatnya si bawang merah dan si bawang putih.





AYAM PANGGANG BUMBU RICA-RICA 
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Utama:
1 ekor ayam, potong sesuai selera
1 sdm air jeruk nipis
---> setelah ayam dicuci dan dipotong, lumuri air jeruk nipis, diamkan selama 15 menit.

Bumbu Halus:
10 buah cabe merah besar (sesuai selera pedasnya)
1 buah tomat
---> Blender dengan sedikit air hingga bumbu menjadi halus

Bumbu Rempah2:
5 cm jahe di geprek
5 batang daun serai iris serong tipis
5 lembar daun jeruk
daun kemangi secukupnya

Bumbu Pengganti Bawang:
3 batang daun bawang bagian pangkal sepanjang 15 cm, iris halus.

Bumbu Penyedap Rasa:
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya





Cara Memasak:
1. Masak bumbu halus + daun bawang iris + daun jeruk + jahe geprek + daun serai hingga air agak menyusut.
2. Masukkan ayam yang sudah dilumuri air jeruk nipis, beri garam secukupnya dan sedikit gula pasir sebagai penambah cita rasa masakan. Masukkan segenggam daun kemangi, kemudian tutup pancinya agar ayam cepat matang.
3. Masak ayam sampai matang dan bumbu menyusut airnya.
4. Panggang ayam bumbu rica2 diatas pemanggangan (saya pakai double pan), saat memanggang sambil olesi ayam dengan bumbu merah rica2.
5. Sajikan ayam panggang bumbu rica2  dengan lalapan segar dan sambal dari sisa bumbu ayam rica2.

Selamat Mencoba... ^^


# Note:
- Bagi yang tidak sedang irit penggunaan bawang merah dan bawang putih, silahkan tetap menggunakan bumbu tersebut dengan jumlah bawang kira2 sebanyak 10 butir bawang merah menggantikan daun bawang. Untuk bawang putihnya cukup menggunakan 3 siung saja dalam resep di atas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar