Selasa, 19 Maret 2013

Japanese Cotton Cheese Cake




Alhamdulillah, sudah bisa mulai menulis lagi setelah beberapa hari ini tumbang kena serangan virus penyakit yang gak keren...flu lagi, flu lagi dan agak berat karena sampai tenggorokan pun meradang luka dan keluar dahakpun berdarah, so...hingga gak bisa dilalui something yang agak kasar sedikitpun. Wal hasil untuk sementara waktu harus konsumsi makanan yang lembut dan halus.

Namun meski dalam kondisi seperti ini (gering), seorang ibu tak bisa bermalas-malasan...tetep harus menayalakan asap dapur, memasak itu pasti...lha anak2nya dan si ayah mau diterlantarkan. Begitulah wahai ibu...mari kita belajar tidak banyak mengeluh dengan kondisi apapun, mensyukuri nikmat yang ada...sakitpun ternyata membawa hikmah dan tetap wajib disyukuri. Hehehee..sekedar mengingatkan diri sendiri agar senantiasa menjadi ibu yang baik untuk keluarga.

Oke kembali membahas suatu resep yaa...dua hari yang lalu saya bikin cemilan yang versi lembut dan klenyer2...ciskek andalan di dapur mini saya. Ciskek ini enak sekali menurut saya...lembut mak nyess, beberapa kali bikin akhirnya bisa memperoleh takaran yang sesuai dan pas dengan selera saya. Waktu itu resepnya saya peroleh dari hasil blog walking di google, saya adaptasi dari resepnya "Mrs. Christine" di blog masak beliau yang super duper. Saya modif pada beberapa bagian dari komposisi bahan2 sehingga hasilnya sangat memanjakan lidah. Di bawah ini resep ciskek hasil modifikasi saya setelah beberapa kali saya uji coba:




Japanese Cotton Cheese Cake (JCCC)
Source: Christines'Recipes
Modified: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan A:
250 gr cream cheese
150 ml susu cair/susu evaporated
60 gr mentega/butter

Bahan B:
6 kuning telur
60 gr tepung terigu
20 gr tepung maizena
1/4 sdt garam
1/2 sdt air jeruk lemon (boleh lebih sih...kalau saya kurang suka asem)

Bahan C:
6 putih telur
1/2 sdt tepung maizena
130 gr gula pasir (sebaiknya gula berbutir halus/gula kastor)

Cara Membuat:
1. Bahan A: Tim cream cheese dan susu cair hingga meleleh dan jangan sampai mendidih. Tambahkan butter, aduk sampai butter meleleh. Aduk rata lalu angkat dan sisihkan.
2. Setelah hangat, tuang ke dalam Bahan B, aduk kedua campuran tersebut hingga rata dan halus. Jika masih ada yang bergerindil bisa disaring.
3. Bahan C: kocok dengan mixer putih telur, tambahkan 1 sdt tepung maizena dan gula sedikit demi sedikit sambil dikocok hingga mengembang (soft peak).
5. Tuang sedikit demi sedikit Bahan C ke dalam adonan campuran tepung, aduk rata. Tuang lagi sisa Bahan C ke dalam  campuran tepung hingga habis. Kemudian aduk perlahan hingga tercampur rata (sistem aduk balik).
6. Tuang ke dalam loyang bulat bongkar pasang diamter 22 cm yang dialasi kertas roti dan tanpa diolesi margarin. Rendam loyang berisi adonan ini ke dalam loyang kotak berisi air (di tim dalam oven/au bien marie)
7. Lalu oven dengan suhu 180'C selama kurang lebih 1 jam, atau sampai matang sesuai karakter oven masing2..bisa kurang atau lebih waktu matangnya.
8. Setelah matang, keluarkan dari oven...letakkan diatas rak pendingin. Tunggu sampai dingin...atau masukkan kedalam kulkas beberapa waktu lalu siap untuk dinikmati.


Selamat Mencoba...





# Note:
- Jika menggunakan loyang bulat bongkar pasang sebaiknya alasi dengan aluminium foil agar air tidak menembus kedalam adonan ciskek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar