Sabtu, 30 Maret 2013

Otak-Otak Ikan Tenggiri Goreng



Alhamdulillah...
Kemaren saya bikin otak-otak ikan goreng, lagi pingin banget...seperti otak-otak yang sering beli di abang2 sayur saat di kampung dulu. Kebetulan pula di freezer banyak stok daging ikan tenggiri. Okk...akhirnya berjibakulah di dapur menyulap stok ikan tenggiri jadi Otak-Otak Ikan Goreng.

Sudah sering bikin resepnya mengikuti dari Tabloid Saji yang sudah saya jadikan kliping koleksi resep masakan saya dirumah, jika ingin tahu resep aslinya bisa ditengok di website ^Favorit Saya^.

Resep dibawah ini hasil modifikasi saya, karena musti menyesuaikan dengan selera keluarga saya dan juga kesesuaian bahan2 yang tersedia di dapur saya.




Otak-Otak Ikan Tenggiri Goreng
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
250 gram daging ikan tenggiri, dihaluskan
1 putih telur
20 gr tepung hunkwe
10 gr tepung tapioka
30 ml air santan (2 sdm)
1 batang daun bawang iris halus
1/2 sdt garam (secukup rasa)
1/2 sdt gula pasir
1/4 sdt lada halus
1 sdm minyak goreng

Bumbu Halus:
3 butir bawang merah
3 siung bawang putih

Bahan Saus Kacang:
100 gr kacang tanah goreng, dihaluskan
1 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk dibuang tulang daunnya
1 sdt gula merah sisir
1 sdm air asam (boleh pakai air cuka masak)
300 ml air panas
2 sdm minyak goreng untuk menumis bumbu halus

Bumbu Halus:
3 siung bawang putih
3 butir bawang merah
2 buah cabe merah keriting
3 butir kemiri sangrai
1/2 sdt garam





Cara Membuat:

Otak-Otak Goreng:
1. Aduk ikan tenggiri dan putih telur sampai tercampur rata. Tambahkan air santan, bumbu halus, daun bawang iris, garam, lada halus, dan gula pasir, aduk hingga rata dan kalis (licin dan halus).
2. Masukkan tepung hunkwe dan tepung tapioka, aduk hingga rata. Tuangkan minyak goreng, aduk  dan uleni hingga rata dan kalis. Kondisi adonan lembek dan lengket ditangan, jangan ditambah lagi dengan tepung tapioka yaa...nanti kalau matang malah keras, cukupkan dan biarkan adonan dalam keadaan seperti itu.
3. Lumuri kedua telapak tangan dengan minyak goreng, lalu ambil secukupnya adonan otak-otak bentuk dengan memilin agak panjang. Kemudian kukus selama kurang lebih 15 menit. Dinginkan.

Saus Kacang:
1. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak goreng hingga bumbu setengah matang dan harum.
2. Rebus kacang tanah halus dengan air panas, masukkan daun salam dan daun jeruk. Aduk2 hingga kacang tanah larut.
3. Masukkan bumbu halus dan air asam, aduk rata. Masak saus kacang hingga kental berminyak dan matang. Cicipi apakah sudah sesuai rasa saus kacangnya...jika kurang asam, garam dan manis silahkan tambahkan lagi sesuai selera.

Cara Penyajian:
1. Goreng otak-otak yang sudah dingin hingga berkulit dan coklat keemasan, potong2 sesuai selera.
2. Sajikan otak-otak goreng hangat dengan siraman saus kacang. Bisa ditambahkan kecap manis dan saus sambel bila ingin lebih sedap dan pedas mantaff.

3 komentar:

  1. assalamualaikum... mau tanya bu, ikan tengiri kalo di timur tengaht namanya apa ya? sy suka bingung kalo mau beli... maklum ga ngerti macem2nya ikan... hehehe,,,

    BalasHapus
  2. wa'alaikumsalam, mb Analisa tinggal di saudi ya...biasanya disebut king fish mbak, bilang aja di super market beli king fish, di kuwait sih gampang cari ikan ini... :)

    BalasHapus
  3. Otak-otak goreng adalah dagangan terlaris saya di kantin sekoolah, selain enak juga bikin kenyang. Kalo selama ini saya beli bahan jadi, sekarang saya mau coba bikin sendiri...

    BalasHapus