Senin, 11 Maret 2013

Martabak Mini (MARNI)



Sering banget membuat martabak mini ini, apalagi kalau ada acara belajar ngaji dirumah. Anak-anak pada suka karena bentuknya yang imut dan menarik. Bikinnya pakai cetakan aluminium yang saya bawa dari Indonesia, sebenarnya sih...kata si tukang jualnya di toko tempat saya beli cetakan ini aslinya untuk membuat kue lumpur yang paling besar. Karena ternyata cetakan kue lumpur itu ada 3 level ukuran, yaitu kecil, sedang dan besar.

Okk...akhirnya saya belilah cetakan kue lumpur yang paling besar tersebut, angan2 saya untuk bikin kue martabak mini nanti kalau sudah sampai di Kuwait. Di bawah ini saya sertakan foto cetakan martabak mini yang saya beli di Pasar Besar Malang (Jatim), tempat dimana saya sering jalan2 belanja peralatan baking.




Setahun yang lalu, saya beli cetakan ini dengan harga kurang dari 50 ribu rupiah. Kemungkinan sekarang bisa saja harganya sudah berubah, yang pasti berubah naik...bukan berubah turun. Hehee...

Alhamdulillah cetakannya lumayan, untuk membuat marni (martabak mini) berhasil mulus dan cantik. Tapi sebelum digunakan untuk mencetak pertama kali kue ini, cetakan ini saya gosok berkali-kali dengan ampas kelapa yang sudah habis diperas santannya, menggosoknya hingga ampas kelapa berubah jadi kehitaman karena terkena lunturan bahan aluminium dari cetakan baru. Setelah bersih dan mengkilta baru deh digunakan untuk membuat marni.

Tips agar cetakan martabak imut ini tidak lengket pertama kali ketika masih baru dipakai, olesi cetakan dengan minyak goreng tipis saja dan panaskan dengan api kecil hingga cetakan benar2 panas. Kemudian bersihkan minyak goreng dengan kertas tissue hingga cetakan bersih dari minyak goreng. Setelah itu bisa digunakan untuk mencetak adonan martabak mini.




Untuk resep martabak mini bisa menggunakan resep martabak manis seperti biasa yang dibuat dicetakan besar. Beberapa kali saya sudah posting resep martabak manis, salah satunya *disini* atau bisa juga *yang disini* dan keduanya sama resepnya hanya beda penampilan.

4 komentar:

  1. Mba Ita....blogku terpilih untuk menerima The Liebster Award, salah satu syaratnya aku harus membagikan arawd ini ke 11 teman blogger yang followernya di bawah 200. Dan aku pilih blog mba Ita salah satunya. Semoga berkenan, untuk tahu lebih lanjut kunjungi ya
    di http://dapurummumusasyi.blogspot.com/2013/03/the-liebster-award.html.

    aku tunggu komentarnya disana

    BalasHapus
    Balasan
    1. linknya ngga bisa dibuka, kalo gitu di sini aja ya http://dapurummumusasyi.blogspot.de/

      Hapus
  2. Alhamdulillah...sukron mb Mel, dengan senang hati saya terima awardnya, meskipun hanya dan masih sgt sederhana blog saya...

    BalasHapus
  3. Artikel yang sangat bagus menarik dan bermanfaat

    Bergabunglah dan rasakan sensasi bermain Situs Poker, Domino99, Pokerqq, QQ Online, Domino Qiu, Qiu Qiu Online, Poker Qiu Qiu yang memberikan kemenangan besar hanya di http://Maxbetqq.net/ Agen Poker IDN terpercaya yang memberikan kemananga besar jackpot besar bersama Situs Poker, Domino99, Pokerqq, QQ Online, Domino Qiu, Qiu Qiu Online, Poker Qiu Qiu.

    Dengan didukung server yang berkulitas dan permainan yang sangat fair 100% Player vs Player dan tidak ada campur tangan ROBOT di dalam Situs Poker Online Terpercaya MaxbetQQ.

    Promo HOT Di Poker Online Terpercaya Maxbetqq :
    – Bonus Bulanan Megajackpot
    – Bonus New Member 20% (Minimal Deposit Rp25.000 | Maksimal Bonus Rp.50.000)
    – Bonus Rollingan 0,5%
    – Bonus Deposit Rp. 5000 Setiap Hari
    – Bonus Refferal 10% Up To 60%

    7 Games Dalam 1 User ID :

    ✔️ Texas Poker
    ✔️ Domino QQ
    ✔️ Capsa Susun
    ✔️ Bandar Ceme
    ✔️ Ceme Keliling
    ✔️ Super Ten
    ✔️ Pot OMAHA

    Info Maxbetqq Anda Bisa Langsung Menghubungi Lewat :

    Livechat : http://Maxbetqq.net/
    Whatsapp : +66613295868
    WeChat : MaxbetQQ
    Line : MaxbetQQ

    QQ NET
    QQ.NET
    QQ PAGCOR
    ONLINE QQ
    DAFTAR QQ
    QQ ONLEN
    POKERQQ
    POKERQQIDN
    QQ ONLINE
    DOMINO QIU
    MAXBETQQ.NET
    SITUS POKER
    AGEN POKERQQ
    AGEN DOMINO99
    POKER QIU QIU
    QIU QIU ONLINE
    AGEN POKER UANG ASLI
    AGEN POKER TERPERCAYA

    BalasHapus