Jumat, 22 Maret 2013

Tiramisu Mudah (Eggless Tiramisu)



Membuat dessert tiramisu...siapa yang gak suka rasa hidangan pembuka ini, saya yakin banyak orang menggilai sajian dessert tiramisu. Dessert yang dibuat dari keju mascarpone dan ekstrak kopi ini memang sangat lezat dan lembut memanjakan lidah. bagi penikmatnya.

Resep2 tiramisu banyak sekali jika kita mau rajin google di internet, ada yang benar2 asli menggunakan bahan2 sesuai resep dari negara asal tiramisu yaitu Italia. Dan ada pula resep2 dengan menyesuaikan tersedianya bahan2 yang bisa dimanfaatkan untuk membuat tiramisu. Jika resep asli tiramisu menggunakan kuning telur, di lain sebab banyak orang yang agak sensi alias ragu dengan pemakaian kuning telur mentah yang dikocok dan dicampur ke dalam cream cheese (keju mascarpone untuk tiramisu). Disamping itu pula keju mascarpone ini sedikit lebih mahal dan sulit didapat, tidak semua supermarket menyediakan. Makanya banyak orang mencari alternatif untuk menggantikan keju mascarpone dengan cream cheese biasa, dan tidak menggunakan kuning telur untuk membuat adonan cream tiramisu.

Resep saya inipun sangat sederhana dan mudah, mengadaptasi dari resep2 yang marak di internet yang berjudul Tiramisu Eggless dengan bahan dasar cream cheese dan whip cream yang sudah saya modifikasi sehingga rasa tiramisunya sesuai dengan selera. Lembut...creamy, tidak mudah lembek, terasa kejunya dan tidak berasa asin keju, karena kalau pakai cream cheese memang cenderung lebih terasa asinnya...beda bila kita menggunakan mascarpone cheese, rasanya memang lebih lezat dan rasa asin keju tidak didapat.

Bagaimana cara mensiasati atau menetralisir rasa asin cream cheese, ada baiknya sebelum mulai membuat tiramisu coba cicipi dulu rasa cream cheese yang biasa digunakan. Dari sini baru kita bisa menentukan berapa berat whip cream yang akan kita campurkan dengan cream cheese. Menurut pengalaman saya ketika membuat tiramisu Eggless dan menggunakan cream cheese, saya membuat patokan atau perbandingan antara cream cheese dan whip cream lebih banyak kepada whip creamnya. Dengan perbandingan Whip Cream : Cream Cheese = 3:2, sehingga nantinya akan dihasilkan rasa tiramisu yang hampir mirip dengan tiramisu bila menggunakan keju mascarpone.





Tiramisu Mudah (Eggless Tiramisu)
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 paket biskuit lady fingers (biskuit savoiardi)
2 sachet kopi instan aroma espresso/capucino (nescafe sachet)
250 ml air panas mendidih
350 gr whip cream dairy
250 ml cream cheese
100 gr gula halus (manisnya menyesuaikan, sesuai selera)
1 sdt gelatin bubuk + 1 1/2 sdm air panas (gak pakai juga boleh)





Cara Mermbuat:
1. Seduh kopi instan dengan air panas yg baru mendidih, aduk hingga larut. Sisihkan biar hangat.
2. Kocok dengan mixer kecepatan sedang cream cheese hingga cream cheese lembut dan rata, cukupkan mengocok dengan waktu kurang lebih 1 menit saja. Sisihkan.
3. Kocok dengan mixer whip cream dairy dengan gula halus sampai putih mengembang dan kental.
4. Masukkan adonan cream cheese ke dalam adonan whip cream sedikit demi sedikit dengan tetap dikocok pakai mixer dengan kecepatan rendah sampai adonan bercampur rata.
5. Seduh gelatin bubuk dengan air panas, aduk hingga menjadi cairan yang bening dan kental.
6. Tuangkan cairan gelatin ke dalam adonan tiramisu, kocok dengan mixer kecepatan rendah hingga adonan tiramisu bercampur merata dan lembut.
6. Siapkan pinggan kaca (pyrex atau yg lain) ukuran 20x20 cm, celupkan biskuit lady fingers kedalam larutan kopi pada kedua sisinya (bolak balik). Lalu tata dan atur berbaris rapat biskuit lady fingers didalam pinggan, kemudian tuangkan adonan cream cheese dan ratakan dengan ketebalan kurang lebih 2 cm. Letakkan dan atur berbaris rapat kembali biskuit lady fingers yang sudah dicelup larutan kopi diatas adonan cream cheese. Tutup lagi dengan adonan cream cheese, rapikan agar rata dan halus. Simpan di dalam kulkas semalam.
7. Sebelum disajikan taburi  merata dengan coklat bubuk yang diayak pakai saringan teh yang halus.



Biskuit Savoiardi atau sering disebut biskuit Lady Fingers



Ini contoh merek Gelatine Bubuk yang saya pakai


Selamat Mencoba... :)

3 komentar:

  1. Hello,
    I visited your blog.
    Congratulations for your work!! An interesting and nice blog!!
    Good luck with your blog!
    Greetings from Algarve, Portugal
    Paulo Gonçalves

    I invite you to visit my blog
    http://viajaredescobrir.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Thank You so much...okk I will go to visit your blog :)

    BalasHapus
  3. Mau tanya beli gelatinnya itu dmn ya?

    BalasHapus