Minggu, 15 Maret 2009

Martabak Manis



Bikin martabak manis yuuk...ternyata gak susah lho membuat makanan ini. Setelah beberapa kali mencoba praktek,  saya bisa membuat martabak manis yang teksturnya seperti yang biasa dijual oleh gerai-gerai martabak manis di Indonesia. Resep awalnya ini saya peroleh dari tetangga apartement yang sudah sering bikin martabak manis, kata beliau hasil dari browsing di google. Bahkan kita sudah bersama-sama mencoba masak dengan ibu-ibu yang lain di apartement saya.

Dalam memanggang martabak manis, saya belum punya cetakan besi khusus martabak manis, jadi memakai media yang ada didapur aja...pan dadar teflon/anti lengket (merek Tefal, karena di Kuwait adanya yang kualitasnya bagus ya merek ini). Dan kadang saya juga pakai cetakan kue lumpur yang agak besar...kebetulan sudah bawa dari Indonesia, jadi bisa bikin martabak manis imut.

Dari resep belajar bareng teman2 dan browsing-an eyang google itu kemudian saya coba olah lagi, diutak atik...biar bener-bener rasanya enak dan tekstur kuenya bersarang bagus, alhamdulillah sudah sipp lho... :)

MARTABAK MANIS
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:

Bahan A:
250 gr tepung terigu
50 gr gula pasir
1 sdt baking powder (saya suka pakai BPDA*)
1/2 sdt vanili bubuk
1/4 sdt garam halus

Bahan B:
1 butir telur kocok lepas
380 ml air putih 
===> Campur jadi satu, aduk hingga rata

Bahan C:
1 sdt soda kue
1 sdm air putih
===> Campur jadi satu, aduk hingga soda kue larut dlm air*

Bahan olesan dan topping:
Margarin/butter
Susu kental manis
Keju cheddar parut
Messes dll...

*BPDA= Baking Powder Double Acting, mempunyai kemampuan mengembangkan adonan lebih baik dari pada baking powder biasa.




Cara Membuat:
1. Campur semua bahan kering (bahan A): tepung terigu, baking powder (BPDA), gula pasir, vanili bubuk dan garam kedalam mangkok besar. Tuangi air+telur (bahan B) sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan wisk hingga rata tidak bergerindil dan licin, jika masih ada bergerindil karena tepung belum larut boleh disaring.
2. Istirahatkan adonan martabak manis untuk kurang lebih 1 jam.
3. Sesaat sebelum dipanggang dalam cetakan...campurkan larutan dari bahan C ke adonan martabak manis, aduk sampai tercampur rata.
*Penambahan bahan C ini bertujuan membentuk tekstur martabak manis yang bersarang bagus.
4. Panaskan cetakan martabak manis, kurang lebih 20 menit sebelum untuk memanggang dengan api yang kecil (bisa pakai cetakan pan dadar teflon/anti lengket). Jika cetakan masih baru olesi dengan minyak goreng tipis-tipis diawalnya saja. Setelah cetakan panas tuang adonan martabak manis...tunggu sampai keluar lubang pori-pori, taburi gula pasir dan tutup dengan penutup cetakan. Bila sudah matang angkat.
7. Olesi permukaan martabak manis dengan margarin, juga bagian dalamnya...lalu tuangkan susu kental manis, taburi keju cheddar, atau messes..lipat ke dalam menjadi setengah lingkaran. Potong potong..lalu disajikan hangat-hangat...maknyuuss deeh :)

3 komentar:

  1. sorry mau tanya point no 4 cetakan di panaskan 20 menit, atau 20 detik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 20 menit gitu yaa...masak 20 detik, sudah jelas koq di cara pembuatannya...

      Hapus
  2. Boleh juga nih di coba! Dari dulu pengen bikin sendiri, cuman belum tau caranya. Siapa tau gak kalah sama martabak enak di Bandung :D

    BalasHapus