Minggu, 15 Maret 2009

Rawon Empal


Siapa yang ngaku orang jawa timur...jangan sampe gak tahu apa itu Rawon, apalagi yang bikin item dan blukuthuknya rawon itu karena apa, hehe...
Rawon adalah sejenis masakan yang berkuah gelap, hitam kecoklatan bukan karena dalam kuahnya dimasukkan tinta pena atau tinta cumi2...itu karena dalam bumbunya telah diramu dengan isi buah kluwak yang memang warnanya hitam pekat.
Aroma buah kluwak ini sangat khas, susah untuk mengekspresikan dalam tulisan. Lebih afdholnya segera mencicipi aja kuah rawon yang panas ngepul2...hirup wangi aroma kluwaknya, hihi....yang alergi pasti langsung kabur....

Resep dasar untuk membuat rawon yang mantaf gampang kok, tinggal ngumpulin bumbu2 yang ada di dapur dan tentunya bahan utama daging rawon, daging bisa dari sandung lamur, sengkel/paha sapi lho yaa...ada lagi buntut sapi juga wenak tenan kalo suka, bisa juga dari daging has yg udah meresap bumbu rawonnya langsung digoreng kayak empal..jadi terasa crispy deh... yuk mari buat:

Rawon Empal:
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Utama
750-1000 gr Daging Sapi Has Dalam
Kalau untuk rawon biasa lebih enak pakai daging sandung lamur/sengkel
500-1000 gr tulang sapi (kalau ada, untuk menambah kaldu)
2 1/2 liter air untuk merebus daging/dijadikan kuah rawon

Bumbu Halus: 
- 6 buah kluwak ambil isinya
-10 butir bawang merah
- 7 siung bawang putih
- 1 buah cabe merah besar buang bijinya
 (boleh ditiadakan, karena ini resep dari almrh.ibu saya..kata beliau rasanya nanti lebih enak)
- 3 butir kemiri
- 1 sdt lada
- 1/2 sdt ketumbar
- 2 ruas jari kungit
- 2 ruas jari jahe
- 1 ruas jari kencur
- 1 sdt air asam

Cara Memasak
1. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak...dan jangan lupa dalam tumisan masukkan daun salam, daun serai, daun jeruk dan lengkuas.
2. Lalu masukkan bumbu halus yang sudah ditumis ke dalam panci yang berisi daging dan air kaldu yang sudah mendidih...masak sampe empuk dan bumbu meresap kira2 2 jam...heitz, lama amat ...dan satu lagi, tuangi sesendok air asem jawa...kenapa?  karena ini yg bikin makin terasa nikmatnya.
3. Semakin lama merebus daging semakin merasuk bumbunya kedalam daging, kuah rawonpun semakin terasa kelezatannya.
4. Ambil daging yang sudah empuk dan meresap...goreng sebentar diminyak panas, jadilah daging rawon empal, tata di piring..nasi, daging rawon empal, dan pelengkapnya..siram kuah hitamnya, nikmati nasi rawon empal hangat2...

#Tips
Makan nasi plus semangkok rawon makin lezat bila lengkap assesoriesnya yaitu,  kecambah/ toge pendek mentah, telur asin/telur rebus, krupuk udang/krupuk apa aja juga boleh dan terakhir yang bikin maknyoss adalah sambel terasi...selamat membikin rawon :) 

1 komentar: