Minggu, 02 Desember 2012

PanCake



Bismillah...

Sebenarnya foto ini sudah lama banget, tapi ternyata saya belum sempat menyimpan di dapur resep (blog ini). Biar gak tertinggal dan gak kelupaan resepnya jika sewaktu2 membuat pancake...maklum deh, manusia itu punya sifat pelupa dan lalai. Jadi akan lebih baik saya tulis disini resepnya, kan juga memberi manfaat buat yang iseng2 nyari resep pancake.


PANCAKE (adapted from google)
Modified: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
200 gr tepung terigu
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
1/4 sdt garam halus
1/2 sdt vanili bubuk
2 butir telur kocok lepas
250 ml susu cair (pakai buttermilk juga bisa)

Topping:
Sesuai selera


Cara Membuat:
1. Campur menjadi satu dalam wadah yaitu tepung terigu, baking powder, soda kue, garam halus dan vanili bubuk, aduk rata menggunakan wisk.
2. Tuangkan susu cair (buttermilk), telur kocok, aduk hingga rata dan licin dengan menggunakan wisk.
3. Siapkan pemanggang/teflon dan panaskan, kemudian tuangkan satu sendok sayur adonan pancake. Tunggu hingga keluar pori2, kemudian balik pancake agar matang merata atas bawah. Hidangkan hangat dengan topping dan saus kesukaan (maple sirup, madu atau selai strawberry dll).


# Note:
- Susu cair bisa diganti dengan buttermilk atau yogurt yang cair, tekstur dan rasa pancake akan menjadi lebih lembut dan fluffy. Jika didapur tidak ada stok buttermilk, bisa membuat sendiri dengan menambahkan 1 sdm air jeruk lemon/nipis/cuka masak ke dalam 250 ml susu cair yang hangat, aduk rata kemudian diamkan kurang lebih 20 menit dan setelah mengental dan meggumpal bisa digunakan untuk membuat pancake.
- Untuk mencetak pancake saya lebih suka menggunakan cetakan seperti di bawah ini, hasil pancakenya seragam bentuknya dan rapi. Cetakan dibawah ini banyak sekali kegunaannya selain untuk membuat pancake, bisa untuk mencetak telur dadar, kue dadar gulung mini, rempeyek bulat, pizza, martabak manis imut...yang pasti tergantung kreatifitas kita.




Selamat Mencoba... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar